16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pekerja Tak Gunakan APD, Biaya Proyek Gedung Milik Salah Satu Bank di Sidikalang Dipertanyakan

Dairi, MISTAR.ID

Tidak menyertakan nilai kontrak pada papan proyek, sumber dana dan biaya pagu proyek bangunan gedung bertingkat yang sedang dikerjakan di Jalan Sisingamangaraja Sidikalang Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara di pertanyakan warga masyarakat sekitar, Sabtu (15/10/22).

Selain tidak menyertakan nilai kontrak dan pagu proyek, terkait keselamatan dan kesehatan kerja (K3) para pekerja pada proyek tersebut juga dipertanyakan karena sejumlah pekerja minim menggunakan alat pelindung diri (APD) di lokasi proyek saat bekerja.

Dilihat dari papan proyek, bahwa bangunan gedung tersebut milik PT BRI Tbk dengan nama pekerjaan pengadaan kontraktor pelaksana pembangunan gedung Kantor Cabang BRI Sidikalang, dengan nomor kontrak: 2001.K-PLO.PSR/LEG/12/2021 masa pekerjaan 360 hari kelender, dan pelaksana PT Bajragraha Sentranusa, konsultan PT Cipta Mandiri Perencana dan konsultan CV Hasafa Engineering Pengawas.

Baca Juga:Proyek Diknas Deli Serdang Dikerjakan Tanpa Plank

Pada papan proyek tersebut tidak menyertakan berapa nilai kontrak atau dana pagu pekerjaan tersebut.

Saat ditemui wartawan di lokasi proyek, Sabtu (15/10/22), seorang mengaku bernama Bang Beck selaku pengawas proyek dari PT Bajragraha Sentranusa, kepada wartawan menyebutkan, terkait nilai kontrak yang tidak dibuat di papan proyek tidak ada masalah, karena ini proyek BRI milik BUMN

“Bukan proyek dari APBD atau APBN. Dan kita di sini hanya sebagai pelaksana proyek, terkait administrasi dan segala izin itu urusan kantor dengan BRI,” katanya.

Baca Juga:Proyek Irigasi di Desa Perdamean Deli Serdang Mengular dan Bergelombang

Ia juga membenarkan pekerjaan proyek itu diawasi dua orang konsultan dan seorang pengawas dari aparat, yang ditunjuk pihak BRI sendiri.

Ketika ditanya soal siapa dan di mana konsultan yang mengawasi proyek, dan kenapa sejumlah pekerja tidak menggunakan APD seperti helm dan lainnya, Bang Beck tidak komentar malah meningggalkan wartawan.

Terpantau di lapangan, puluhan mobil dump truk pengangkut sertu keluar masuk proyek, dan satu unit alat berat jenis loder sedang melakukan perataan material, sementara para pekerja terlihat sibuk bekerja tanpa menggunakan APD pada proyek bangunan gedung bertingkat di Jalan Sisingamangaraja Sidikalang Kabupaten Dairi itu.(manru/hm10)

Related Articles

Latest Articles