27.4 C
New York
Friday, May 3, 2024

Oksigen Kosong di Puskesmas dan RSUD Sidikalang, Keluarga Pasien Kecewa

Sidikalang, MISTAR.ID

Keluarga pasien emergency diagnosa kolik abdomen (sesak nafas) mengaku kecewa berat kepada Pemerintah Kabupaten Dairi atas kekosongan oksigen di tingkat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sopobutar dan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang.

Kekecewaan itu disampaikan keluarga pasien Parulian Togatorop dan Risma Sianturi, warga Desa Sopobutar Kecamatan Siempat Nempu Hilir Kabupaten Dairi kepada media mistar.id,  Selasa (4/7/23).

Kronologis kejadian berawal sejak Senin (3/7/23) pukul 21.45 WIB, dimana pasien berinisial SS didiagnosa kolik abdomen. Dari Puskesmas Sopobutar, pasien dirujuk ke RSUD Sidikalang yang berjarak kurang lebih 30 kilometer, karena di Puskesmas Sopobutar oksigen dinyatakan kosong.

“Setelah tiba di RSUD Sidikalang, ternyata tabung oksigen juga kosong di ruang IGD,” kata Risma Sianturi.

Baca juga: Oknum Dokter di RSUD Sidikalang Diduga Terima TPP Saat Tak Bertugas

Selain pelayanan buruk, Parulian juga mengaku kecewa dengan sikap arogansi oknum perawat berinisial WS yang saat itu membanting pintu dan jendela IGD.

“Kasar saat berkomunikasi dengan pasien. Juga kepada keluarga pasien. Kami sudah melaporkan kekecewaan ini ke pihak RSUD. Kami dari keluarga meminta untuk dipertemukan dengan perawat tersebut untuk menanyakan sikapnya,” beber Risma.

Menurutnya, pelayanan di rumah sakit seharusnya ramah dan tidak kasar agar pasien lebih cepat sembuh.

“Jujur kami sangat kecewa dengan perawat inisial WS itu. Harusnya pelayanan ramah, bukan kasar begitu. Biar cepat pasien sembuh. Kami sebelumnya berharap pelayanan di RSUD Sidikalang jangan  kasar-kasar,” sebut Parulian.

Baca juga: Dugaan Buntut Bantuan Kementerian Tak Turun, RSUD Tuan Rondahaim Bakal Pindah ke Komplek Perkantoran

Untuk mengetahui alasan kekosoangan oksigen, mistar.id mencoba menghubungi Dinas Kesehatan Dairi. Namun, belum berhasil. Demikian juga pihak RSUD Sidikalang yang langsung didatangi awak media.

Humas RSUD Dairi, Jetra Bakara, saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp mengatakan akan mengecek kekosongan tersebut terlebih dahulu.

“Oksigen kosong untuk hari ini bang? Pasien atas nama siapa bang? Sebentar ku tanyakan ya bang,” tulis Jetra Bakara.

Baca juga: Terungkap, Mobil Ambulans RSUD Sidikalang Pakai Nomor Plat Dinas Palsu

Namun, hingga berita ini diterbitkan ia masih belum memberikan keterangan lanjutan. (Manru/hm20)

Related Articles

Latest Articles