10.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

MTQ Kecamatan Kerajaan, Simbol Tingginya Toleransi Antar Umat Beragama di Pakpak Bharat

Pakpak Bharat, MISTAR.ID

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kecamatan Kerajaan digelar di Dusun Lae Leam, Desa Surung Mersada, Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Bharat, Rabu (22/2/23).

Plt Asisten Administrasi dan Pembangunan Pakpak Bharat Sahat P Boangmanalu atas nama Bupati Franc Bernhard Tumanggor membuka perhelatan unjuk kebolehan membaca kitab suci Alquran ini.

MTQ Kecamatan Kerajaan dipandang sebagai sebuah simbol tingginya nilai toleransi antar umat beragama di Kabupaten Pakpak Bharat. Keberagaman yang terjaga indah terlihat dalam event tahunan  ini. “Ini luar biasa, kita mengetahui bersama kepala desa di sini, bapak Kelleng Kabeakan adalah seorang Nasrani, tapi di sini bukan sekadar hadir, beliau adalah Ketua Panitia dalam Musabaqah Tilawatil Quran ini,” ucap Ustad Malindung Capah SAg, Sekretaris Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pakpak Bharat.

Baca Juga:Bupati Pakpak Bharat Buka MTQ di Kecamatan Tinada

Hal serupa disampaikan Camat Kerajaan Febriansyah Baoangmanalu SSTP. Dalam sambutannya camat mengatakan, pelaksanaan MTQ kali ini terasa istimewa dengan hadirnya seorang Kelleng Kabeakan yang mengambil alih kendali pelaksanaan sebagai ketua panitia.

“Baru kali ini tercipta di sini, pelaksanaan MTQ dirancang dengan sangat apik dan meriah oleh seorang yang dia adalah Nasrani yang taat. Benar-benar sebuah memontum keberagaman yang indah, pesan toleransi ini harus sampai ke seluruh dunia, bahwa di sini, di Dusun Lae Leam, Desa Surung Mersada, Kecamatan Kerajaan, kita mampu menjaga apa itu toleransi, mampu menjadikan bahwa perbedaan itu sungguh hal yang sangat indah,” ucap Febriansyah Boangmanalu.

Sementara itu Plt Asisten Administrasi dan Pembangunan, Sahat Parulian Boangmanalu, melontarkan pujian terhadap pelkasanaan MTQ Kecamatan Kerajaan ini. “MTQ Kecamatan serasa MTQ Kabupaten, sangat luar biasa, meriahnya, rapi, dekorasinya, istimewanya justru dirancang seorang yang nota bene umat Nasrani. Benar-benar keberagaman yang indah, semoga bisa dicontoh daerah lain,” ucapnya.(sampang/hm15)

Related Articles

Latest Articles