15.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Kadinkes Taput Imbau Masyarakat Tetap Waspada Musim Penghujan, Ini Tipsnya

Tarutung, MISTAR.ID

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan melalui Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Taput, Alexander Gultom meminta masyarakat agar tetap waspada dengan musim penghujan.

Menurut Alexander, musim hujan tubuh lebih mudah terserang penyakit, akibat perubahan suhu pada lingkungan. Kemudian, jenis mikroba akan lebih mudah berkembangbiak dan mudah masuk ke tubuh manusia saat daya tahan tubuh yang tidak sehat maka semakin membuat bakteri dan virus berkembang hingga menyebabkan penyakit.

“Tubuh harus tetap waspada terhadap serangan penyakit yang datang saat musim hujan,” ucapnya pada Jumat (24/11/23).

Baca juga:Dinkes Medan Periksa Kesehatan ASN yang Bertugas di Kantor Wali Kota

Berikut ini penyakit yang mengintai saat musim penghujan:

1. Influenza adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus influenza yang dapat menyebabkan penyakit ringan sampai penyakit berat. Gejalanya yaitu rasa tidak enak badan, demam, rasa pegal linu, lemas, lesu, bersin-bersin dan terasa nyeri di otot-otot dan sendi.

Virus ini menyebar melalui cairan tubuh seperti ingus ataupun air liur yang dapat ditularkan melalui mulut, hidung ataupun tangan yang menyentuh benda terkontaminasi.

Cara mencegahnya dengan olahraga dan istirahat yang cukup, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, mencuci tangan dan memakai masker saat flu.

2.  Demam berdarah adalah penyakit akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini menyebabkan gejala demam tinggi dan flu. Jika tidak ditangani dengan tepat, demam berdarah berisiko mengancam nyawa.

Baca juga:Transformasi Layanan Kesehatan Primer Jadi Fokus Dinkes Sumut

Penyakit akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti yang sering terjadi di musim penghujan saat perkembangbiakan nyamuk meningkat

Cara mencegah penyakit Demam Berdarah yakni melakukan 3M plus : menguras bak mandi, menutup tempat air dan memanfaatkan barang bekas serta melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk).

3. Penyakit diare adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan buang air besar encer 3 kali atau lebih dalam sehari.

Penyebab diare adalah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, virus atau parasit. Diare disebabkan oleh Bakteri E. Coli, Salmonella, Shigella dan lain- lain.

Baca juga:RSUP Haji Adam Malik Pimpin RS Rujukan dan SDM Kesehatan di Sumut

Cara mencegah dare dengan mencuci tangan pakai sabun di bawah air mengalir, buang air besar pada tempatnya dan menjaga kebersihan dan kesehatan makanan.

Untuk menjaga kesehatan serta mencegah infeksi saat musim penghujan, sebaiknya seseorang menjaga imunitas dengan mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang serta menjalani pola hidup bersih sehat.

Untuk meningkatkan kekuatan tubuh, Dinkes Taput melalui seluruh UPT  Puskesmas selalu:

1. Konsumsi Vitamin

Bila saat pergantian musim dari musim kemarau menuju musim penghujan tubuh biasanya akan tidak secara langsung menyesuaikan kondisinya, melainkan melalui sebuah proses terlebih dahulu. Proses inilah yang biasanya mempengaruhi system imun atau kekebalan tubuh manusia menjadi lebih lemah.

Saat sistem kekebalan tubuh menurun, maka penyakit akan lebih rentan menyerang. Untuk itulah konsumsi vitamin amat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan system imun. Oleh sebab itu, konsumsi vitamin terutama vitamin C amat dianjurkan. Kandungan vitamin C ini bisa juga anda peroleh secara alami dari kandungan buah-buahan seperti buah jeruk, buah strawberry dan masih banyak lagi.

Baca juga:ITS dan Dua Perusahaan Kembangkan 7 Alat Kesehatan Berteknologi Digital

Mengkonsumsi vitamin C secara rutin akan memastikan kebutuhan vitamin C dalam tubuh terpenuhi, yang pada akhirnya akan membantu anda meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh.

2. Pastikan untuk selalu ‘Higienis’ setiap hari

Saat musim penghujan kuman dan bakteri akan berkembang biak lebih leluasa karena kelembapan yang begitu tinggi. Untuk itulah, mengapa tubuh akan lebih rentan terhadap gangguan tubuh.

Selain itu, tangan adalah media paling umum masuknya kuman dan bakteri kedalam tubuh, secara tidak sadar anda akan lebih banyak memasukan kuman dan bakteri kedalam tubuh melalu tangan seperti makan menggunakan tangan, menyentuh organ tubuh lain menggunakan tangan dan lain sebagainya.

Untuk itu, pastikan anda untuk selalu higienis setiap hari dengan cara selalu membiasakan mencuci tangan setiap kali anda baru tiba di rumah, setiap kali menyentuh barang atau objek, sebelum dan sesudah makan dan setiap kali setelah menyentuh toilet.

Related Articles

Latest Articles