21.4 C
New York
Saturday, May 18, 2024

Kadinkes Taput Imbau Masyarakat Tetap Waspada Musim Penghujan, Ini Tipsnya

5. Jaga Asupan Makanan

Tetap jaga asupan makan sehat anda terutama saat musim penghujan. Ada baiknya, perbanyak konsumsi makanan hangat dan berkuah agar tubuh tetap merasa hangat meski udara begitu dingin. Misalnya konsumsi sup kuah, sayuran dengan kuah hangat, soto ayam dan makanan berkuah sehat lainnya.

6. Makan Saat Lapar

Suhu yang dingin  saat musim penghujan biasanya membuat nafsu makan menjadi lebih besar. Namun sayangnya metabolisme saat musim ini menjadi lebih lambat daripada biasanya. Dan bisa anda bayangkan jika anda terus-terusan menuruti nafsu makan yang begitu besar tanpa didukung dengan metabolisme yang baik, hal tersebut tentunya akan berujung pada kegemukan atau yang kita kenal dengan istilah obesitas.

Tentu tidak ada yang ingin jika hal ini terjadi bukan? untuk itu aturlah cara makan dan porsi makan anda saat musim penghujan, jangan sampai nafsu makan anda yang besar mengantarkan anda pada kegemukan.

Selain itu usahakan pula untuk tidak melulu menuruti nafsu mengemil ketika perut belum terlalu merasa lapar. Perut yang secara-terus menerus diisi tanpa ada proses pembakaran yang seimbang tentunya tidak akan membawa dampak baik untuk kesehatan anda.

7.    Perhatikan Pola Tidur

Udara dingin saat musim penghujan mengundang rasa kantuk yang melulu. Namun jangan pernah menghiraukan rasa kantuk ini. Ambilah waktu istirahat dan tidurlah secukupnya, namun jangan pula tidur dengan waktu atau porsi yang berlebih.

Baca juga:Alasan Berpuasa Sebelum Tes Kesehatan

Tubuh yang mendapatkan porsi tidur yang berlebih akan membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot. Selain itu, hindari pula begadang atau terjaga hingga larut malam. Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, pastika jika anda memiliki waktu tidur yang cukup dimalam hari.

8. Kenakan Pakaian Yang Tebal dan Hangat

Pakaian juga akan mempengaruhi kesehatan anda di musim penghujan. Baju tipis dan transparan kurang cocok dikenakan saat musim ini, terutama jika aktifitas yang anda lakukan lebih banyak diluar ruangan.

Untuk itu, ada baiknya beralihlah pada pakaian yang lebih tertutup, tebal serta terasa hangat untuk tubuh anda. Pakaian dengan model seperti ini tentunya akan menjaga anda dari udara dingin saat musim penghujan.

“Harapan kami dari Pemkab Taput dan Dinkes sesuai dengan arahan Bupati Nikson Nababan, dengan telah memberikan dan melakukan edukasi baik secara kelompok mau pun perorangan,untuk melakukan pola hidup yang sehat/PHBS dan menjaga stamina/imun tubuh maka mudah mudahan serangan atau virus yang akan menular kepada tubuh kita di musim penghujan ini akan bisa teratasi dan kita pun enak dan tetap semangat dalam beraktifitas,” tegasnya.(Pembela Butarbutar/hm17)

Related Articles

Latest Articles