15.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Pj Bupati Taput Tinjau Kerusakan Pipa Jaringan Air Bersih di Tarutung

Taput, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Bupati Tapanuli Utara (Taput) Dimposma Sihombing meninjau langsung kerusakan jalan, jembatan dan pipa jaringan air bersih PDAM di Desa Hutagalung tepatnya di Tanggul Aek Haidupan di Siwaluompu, Kecamatan Tarutung, Senin (29/4/24).

Dimposma meninjau kerusakan yang terjadi pada 2023 lalu, dimana sungai tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) yang mengakibatkan kerusakan pada jalan, jembatan, lahan pertanian dan rumah masyarakat serta pipa jaringan air bersih.

Melalui informasi yang disampaikan Kadis PUTR, pada tahun 2023 yang lalu Pemkab Tapanuli Utara sebelumnya telah melakukan penanganan darurat dengan menurunkan alat berat dan bergotong royong dengan masyarakat, akan tetapi hasilnya belum optimal.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara telah berkoordinasi dengan pihak Pemprovsu, serta BWSS II (Balai Wilayah Sungai Sumatera) agar dapat melakukan penanganan secara cepat.

Baca Juga : Pj Bupati Taput Tekankan Sinergitas Bangun Roda Pemerintahan 

Selanjutnya, Dimposma akan berkoordinasi kembali terkait hal tersebut dengan pemerintah atasan. Dia juga menginstruksikan agar Camat Tarutung dan Kepala Desa melakukan sosialisasi kepada mayarakat terkait jalur pipa yang melintasi lahan warga, sehingga pipa air tersebut dapat diperbaiki.

Selanjutnya, Dimposma beserta rombongan juga meninjau pengaduan masyarakat atas bencana longsor di areal persawahandi Desa Hutaraja Simanungkalit, Kecamatan Sipoholon. Dia meminta Camat Sipoholon segera berkoordinasi dengan masyarakat untuk menanggulangi kerusakan tersebut.

Sementara informasi dari Camat Sipoholon Ronald Situmorang dan Kepala Desa Tapian Nauli mengatakan, bahwa hal tersebut sudah dimusyawarahkan dengan pemilik sawah yang terdampak. Dimposma lalu menekankan agar diselesaikan secara kekeluargaan jangan sampai ada pihak yang dirugikan. (fernando/hm24)

Related Articles

Latest Articles