16.3 C
New York
Thursday, May 30, 2024

Hari Ketiga RPH HKBP di Silangit, Jemaat Cibinong Gelar Aksi Protes Terhadap Ephorus

Taput, MISTAR.ID

Rapat Pendeta Hatopan (RPH) HKBP di Perkampungan pemuda HKBP Jetun Silangit, Siborongborong, Tapanuli Utara, Rabu (18/10/23) kembali diwarnai aksi protes.

Sejumlah orang yang mengaku jemaat HKBP Cibinong, Jawa Barat, membentangkan sejumlah spanduk protes. “Ephorus HKBP Robinson Butarbutar menggunakan kekuasaannya menjolimi Pendeta Gideon Saragih STh,” isi tulisan salah satu spanduk.

Spanduk lainnya bertuliskan,”Pulihkan tohonan Pendeta Gideon serta hak jemaat HKBP Cibinong di Disdukcapil Kab Bogor”.

Kuasa hukum Pdt Gideon Saragih, Ronando Siallagan SH yang juga jemaat HKBP Cibinong, di sekitar lokasi RPH HKBP mengatakan, Ephorus Pdt Robinson Butarbutar telah memecat Pdt Gideon tidak sesuai prosedur.

Baca Juga: RPH HKBP di Jetun Silangit Diwarnai Aksi Spanduk Protes

“Pendeta Robinson Butarbutar melakukan pemecatan terhadap Pdt Gideon Saragi STh secara tidak hormat, di mana pemecatannya tidak sesuai dengan prosedur tanpa melalui rapat pimpinan, ataupun Rapat Pendeta Hatopan,” kata Siallagan di lokasi.

Siallagan menjelaskan, Ephorus dan Praeses Deboskab mengirim surat ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor agar tidak menerima jemaat HKBP Cibinong untuk mencatatkan dirinya di catatan sipil.

“Kami datang ke Jetun Silangit ini untuk menuntut dan menyampaikan agar memulihkan tohonan Pdt Gideon Saragih,” katanya.

Dia juga mendesak agar Ephorus dan Praeses mencabut surat yang meminta Disdukcapil Kabupaten Bogor tidak menerima permohonan jemaat HKBP yang sedang melakukan pencatatan sipil maupun pembuatan akte lahir.

Pantauan Mistar, sejumlah jemaat HKBP Cibinong yang hendak memasuki lokasi rapat di jetun Silangit dihalangi sejumlah petugas atau panitia RPH HKBP.

Baca Juga: RPH HKBP Resmi Dibuka, Dihadiri 2000-an Pendeta se-Indonesia

Jemaat HKBP Cibinong juga tidak bisa berfoto dengan dengan spanduk yang dibawa mereka sehingga sempat terjadi adu mulut dengan panitia RPH.

Ephorus HKBP Pdt Robinson Butarbutar coba dikonfirmasi Mistar seputar tuntutan jemaat HKBP Cibinong tentang pemecatan Pdt Gideon Saragih, tetapi tidak bersedia menjawab.

Sementara itu, Humas HKBP Fortunate Siagian saat dikonfirmasi Mistar terkait tuntutan jemaat HKBP Cibinong tersebut mengatakan, bahwa pemecatan Pdt Gideon sudah sesuai prosedur.

Sebelumnya, RPH HKBP di Silangit juga diwarnai aksi protes dari jemaat HKBP Pabrik Tenun. (Fernando/hm22)

Related Articles

Latest Articles