10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Harga Sembako dan Stok Beras di Asahan Aman hingga Lebaran

Asahan, MISTAR.ID

Memasuki sepekan menjelang lebaran, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Asahan melakukan monitoring terhadap sejumlah ketersediaan bahan pokok, termasuk melakukan pengecekan harga hingga stok beras.

Hal ini sebagai langkah persiapan yang akan dilakukan pemerintah dan pihak terkait untuk mempersiapkan kebutuhan masyarakat jelang Hari Raya Idulfitri 2023. Amatan wartawan, kunjungan sidak pasar itu dilakukan di tiga pasar tradisional dan gudang logistik Bulog.

“Untuk memantau stabilitas posokan dan harga. Kita juga berdialog langsung ke pedagang, biasanya bahan sembako apa apa saja yang naik jelang lebaran,” kata Asisten Ekonomi Pembangunan, Oktoni Erianto usai melakukan kunjungannya ke pasar, Rabu (12/4/23).

Baca Juga:Sidak Pasar, Wakil Bupati Simalungun Minta Pedagang Tak Naikkan Harga

Dalam sidak pasar itu diketahui sementara sejumlah komoditi sembako terpantau harganya normal dan stabil serta tidak ada yang mengalami kenaikan yang signifikan. “Beras, telur, minyak, daging, cabai relatif normal karena juga kondisi cuaca kita belakang ini cukup baik jadi tidak memberikan pengaruh terhadap ketersediaan pangan,” kata Oktoni.

Meskipun, dikatakannya harga bahan pokok di pasaran sangat tergantung pada permintaan dari masyarakat sebagaimana hukum pasar. Pihaknya berharap kondisi pasar ini tetap terjaga sampai lebaran nanti.

Berdasarkan pantauan, adapun beberapa harga sembako di pasaran yang relatif stabil meliputi beras  premium Rp13.500 per kg, beras medium Rp12.000 per kg. Harga daging ayam broiler Rp20.000 per kg, ayam kampung Rp50.000 per kg, daging sapi Rp130.000 per kg dan daging kambing Rp130.000  per kg.

Baca Juga:Isu Oplos Beras Bulog, Kemendag dan Mabes Polri Sidak ke Pasar Sei Sikambing Medan

Kemudian harga telur ayam Rp28.000 per kg, cabai merah besar Rp25.000 per kg, cabai rawit Rp18.000 per kg, bawang merah Rp30.000 per kg dan bawang putih Rp32.000 per kg.

Sementara itu, kebutuhan beras jelang Idulfitri juga terpantau aman dan saat ini memiliki cadangan beras pemerintah sebanyak 730 ton, gula pasir 15 ton. Artinya seluruh pasokan tersebut masih aman.(perdana/hm15)

Related Articles

Latest Articles