11.5 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Kendalikan Harga Cabai, DPRD Minta Pemko Medan Sidak ke Pasar

Medan, MISTAR.ID

Tidak hanya beras, cabai pun menjadi bahan pokok yang banyak diperbincangkan warga Kota Medan. Betapa tidak, harga komoditi bahan pangan dengan rasa pedas itu juga juga turut melonjak menjelang bulan Ramadhan.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Komisi III DPRD Kota Medan, Hendri Duin Sembiring mengatakan bahwa seharusnya Pemko Medan melalui OPD terkait telah mengantisipasi hal itu sejak awal.

“Harusnya kondisi ini diantisipasi, karena setiap menjelang bulan Ramadhan harga bahan-bahan pokok selalu naik harganya. Sekarang ini cabai lagi,” ucap Hendri Duin, Jumat (8/3/24).

Baca juga: Jelang Ramadhan, TPID Langkat Kembali Sidak Pasar

Dengan kondisi saat ini, Hendri Duin pun meminta Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Medan bersama OPD terkait, termasuk PUD Pasar Kota Medan untuk turun ke pasar.

“Segera cek ke lapangan, cari tahu apa penyebabnya. Kalau kita tidak tahu apa yang menjadi penyebabnya, bagaimana mungkin kita bisa mengatasi masalahnya,” ketus politisi PDIP ini.

Apabila kondisi ini terus berlangsung, Duin pun khawatir angka inflasi Kota Medan akan meningkat serta daya beli masyarakat menurun.

Baca juga: Sempat Turun, Harga Cabai Merah Kembali Naik di Medan

“Inflasi itu yang harus kita kendalikan, itu makanya harga kebutuhan pokok harus terkendali, termasuk cabai. Apalagi ini saudara-saudara kita umat islam akan memasuki Bulan Suci Ramadhan, maka pengendalian harga kebutuhan menjadi semakin penting untuk dilakukan,” tuturnya.

Terakhir, Duin juga mengingatkan OPD terkait di lingkungan Pemko Medan tentang program Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan kabupaten/kota di Sumatera Utara, khususnya daerah-daerah penghasil cabai.

“Mungkin bisa dikomunikasikan kembali agar suplai cabe dengan harga terjangkau dari daerah-daerah tersebut bisa segera didatangkan ke Kota Medan,” pungkasnya. (rahmad/hm17)

Related Articles

Latest Articles