16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Dituduh Cemari Lingkungan, DLH Deli Serdang Segera Panggil PT Leong

Deli Serdang, MISTAR.ID

Menanggapi keluhan warga soal dugaan pencemaran lingkungan yang dilakukan perusahaan ternak ayam PT Leong Ayam Satu Primadona di Dusun IV Beras Bulan Desa Talun Kenas Kecamatan STM Hilir Kabupaten Deli Serdang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Deli Serdang memanggil pimpinan perusahaan ternak ayam tersebut, Jumat (1/7/22).

Hal ini dipaparkan Artini Marpaung Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang via seluler, Kamis (30/6/22). Dikatakannya, surat panggilan kepada perusahan sudah dilayangkan dan diminta kepada pihak perusahaan ternak ayam PT Leong Ayam Satu Primadona untuk hadir Jumat ini.

“Surat panggilan kepada perusahan sudah kita layangkan. Dan diminta kepada pihak perusahaan ternak ayam PT Leong Ayam Satu Primadona untuk hadir Jumat ini,” kata Artini.

Baca juga: Cemari Sungai, Satpol PP Pakpak Bharat Hentikan Pembuangan Limbah PT SEL

Sebelumnya, Limin Candra salah seorang pemilik lahan mengaku resah akibat blower ternak ayam PT Leong dan dampak kipas blower yang mengarah ke perladangannya. Dua tahun duku dan kelapa sawit miliknya tidak membuahkan hasil. Bukan itu saja bau tidak sedap juga selalu timbul dari arah ternak ayam tersebut.

“Sehingga di hari libur kami enggan beristirahat di perladangan itu,” kata Limin Candra seraya melampirkan surat pernyataan keberatannya yang telah dikirimnya kepada pihak perusahan. “Memang benar bang. Dua tahun belakangan ini tanaman milik saya tidak berbuah lagi. Bakal buah duku gugur diduga akibat kipas blower ternak ayam PT Leong itu,”aku Limin.

Sekaitan itu Dinas Lingkungan Hidup Deli Serdang bersama petugas Trantip Kecamatan STM Hilir melakukan sidak ke perusahaan ternak ayam PT Leong. Ketika itu, perwakilan PT Leong, Muliono berjanji semua keluhan warga akan disampaikan kepada pimpinan perusahan dan akan membangun pembatas blower secara permanen.

“Semua keluhan warga secepatnya disampaikan kepada pimpinan,” jelas Muliono.(sembiring/hm09)

Related Articles

Latest Articles