17.9 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Distan KPP Dairi Akan Mengembalikan Kejayaan Legenda Kopi Robusta Sidikalang

Sidikalang, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi melalui Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (Distan KPP) akan mengembalikan kejayaan kopi robusta Sidikalang yang sudah terkenal dan melegenda sejak dahulu.

Pengembalian kejayaan kopi robusta Sidikalang dilaksanakan merupakan langkah upaya semaksimal untuk melestarikan kopi robusta Sidikalang melalui pendampingan serta pelatihan Good Agriculture Practice (GAP) kepada warga masyarakat petani, khususnya kepada warga petani di Kecamatan Sumbul, Pegagan Hilir, Lae Parira, Siempat Nempu, Silima Punggapungga, yang ketinggiannya di atas 1.000 mdpl.

Hal itu disampaikan Kadis Pertanian KPP Kabupaten Dairi, Robot Simanullang di Sidikalang, Kamis (6/7/23) usai melakukan survei lokasi rencana kegiatan intensifikasi kopi robusta di beberapa wilayah tanaman kopi robusta di Kabupaten Dairi.

Baca juga : Tersangka Pelaku Pembunuhan Sadis di Dairi Diringkus dari Perladangan Kopi

“Kopi robusta Sidikalang yang sangat melegenda dengan tekstur terbaik di dunia sejak dahulu akan kembali dilestarikan pembudidayaannya dengan pendampingan/pelatihan Good Agriculture Practices (GAP) kepada petani untuk budidaya kopi yang baik serta fasilitasi melalui bantuan alat pencacah pupuk organik untuk lokasi yang membudidayakan kopi robusta organik dan pupuk khusus kopi,” ujar Robot.

Dikatakannya, beberapa lokasi yang menjadi calon pendampingan dan memiliki kebun kopi yang relatif berumur tua seperti Kecamatan Pegagan Hilir, Parbuluan dan Sumbul yang ketinggiannya di atas 1.000 mdpl sudah di survey.

Referensi Kopi Sidikalang merupakan kopi yang berasal dari Sumatera Utara. Kopi yang mempunyai aroma dan rasa yang khas.

Baca juga : Pemkab Dairi Akan Tambah Satu Dokter Obgyn di RSUD Sidikalang

Aroma dari kopi ini sedikit menusuk hidung dengan aroma pedas. Sementara, rasanya cenderung seperti fruity, cokelat, dan ada kesan sitrus pada after tastenya.

“Bagi siapapun pecinta kopi,harus mencoba kopi robusta Sidikalang. Karena kopi Sidikalang juga sudah barang ekspor hingga  ke seluruh dunia. Bahkan hingga kini, kopi Sidikalang pernah  bersaing dengan kopi asal negara luar negeri dan mampu unggul dalam citra rasa khasnya,” sebut Robot Simanullang. (manru/hm18)

Related Articles

Latest Articles