19.1 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Lepas 2.482 Calhaj Asal Medan, Bobby Nasution Minta Camat Perhatikan Keluarga Jamaah

Medan, MISTAR.ID

Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta camat, lurah, dan kepala lingkungan bekerja sama dengan aparat kepolisian dan TNI untuk menjaga dan memperhatikan keluarga jamaah haji yang tengah menjalankan ibadah di Tanah Suci.

Hal ini disampaikan Bobby Nasution dalam halalbihalal dan melepas keberangkatan 2.482 calon haji (calhaj) asal Kota Medan di Gelanggang Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Kamis (9/5/24).

Menantu Presiden Joko Widodo ini juga meminta camat, lurah, dan kepala lingkungan untuk melakukan pendataan terhadap jamaah haji yang berangkat di wilayah masing-masing dan melakukan patroli bekerja sama dengan aparat kepolisian dan TNI.

Baca juga: Acara Tepung Tawar 178 Calon Jemaah Haji, Jadi Doa dan Harapan Besar ke Tanjung Balai

“Kemungkinan ada rumah yang kosong, dan mungkin ada yang meninggalkan orang tua yang lansia atau anak kecil. Jadi tolong semua diperhatikan,” kata Bobby seraya berharap jamaah haji dapat merasa aman dan nyaman menjalani ibadahnya.

Selain itu, Bobby juga mengingatkan supaya petugas haji mengutamakan jamaah agar menjalankan ibadah dengan baik, sehat, dan mendapat ilmu pengetahuan.

Sebagai ungkapan rasa syukur, pada acara yang turut hadir, lanjutnya Bobby Nasution menepungtawari para calon haji dan memberikan cindera mata kepada warga Medan yang akan menunaikan rukun Islam kelima itu.

Sebelumnya, Kabag Kesra Setdako Medan Abu Kosim melaporkan, jumlah calhaj asal Medan tahun ini yang berjumlah 2.482.

Abu Kosim mengatakan, kegiatan ini adalah untuk meningkatkan hubungan silaturahmi antara Pemko Medan dengan para calhaj.

Ustaz Azhari Akmal Tarigan dalam tausyiahnya menyampaikan bahwa ibadah haji yang multidimensi dengan tujuan mabrur.

Baca juga: Tidak Ada yang Melakukan Pembatalan Haji di Sumut

Mabrur itu, sebutnya, bertemunya harapan jamaah haji dengan keinginan Allah.

“Mabrur pemberian Allah dan upaya keras kita dalam mendapatkan makna pelaksanaan ibadah haji,” tuturnya.

Ia juga meminta pada jamaah agar mendoakan Kota Medan agar pembangunan yang kini gencar semoga dapat dilakukan berjalan lancar.

Acara ini juga dihadiri Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman, Plh Sekda Benny Sinomba Siregar, Ketua MUI Medan H Hasan Matsum. (dinda/hm22)

Related Articles

Latest Articles