24.2 C
New York
Monday, June 10, 2024

Jemaah Calhaj Diingatkan Gunakan Smart Card

Medan, MISTAR.ID

Jemaah calon haji (calhaj) asal Sumatera Utara (Sumut) diingatkan menggunakan smart card. Smart Card nantinya dibagikan kepada calhaj berfungsi sebagai akses mengikuti rangkaian ibadah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Hal ini dikatakan Ketua PPIH Embarkasi Medan H Ahmad Qosbi setelah melepas keberangkatan jemaah haji Kloter 9 asal Kota Medan dan Kota Gunungsitoli di Asrama Haji Medan, Rabu (22/5/24).

Seperti diketahui pemerintah Arab Saudi menerapkan penggunaan smart card kepada seluruh jemaah calon haji termasuk Indonesia. Ini sesuai dengan fatwa Pemerintah Arab Saudi yang dikeluarkan otoritas di sana untuk mengimplementasikan pelaksanaan bahwa orang yang berhaji tanpa izin hukumnya berdosa.

Baca juga : Sebanyak 2.537 Jemaah Calhaj Asal Sumut Sudah di Tanah Suci

“Ada yang berbeda dalam gelaran ibadah haji tahun ini. Agar bisa mengakses dan mengikuti rangkaian ibadah khususnya di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) seluruh tamu Allah khususnya di Sumatera Utara maka diterapkan penggunaan Smart Card oleh Pemerintah Arab Saudi,” ucap Qosbi yang juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumut tersebut.

Kakanwil mengatakan kebijakan tersebut harus ditaati seluruh jemaah haji dan diminta untuk membawa smart card selama berada di tanah suci terutama pada puncak haji di Armuzna.

Related Articles

Latest Articles