11.1 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Dinas Pertanian Taput Serahkan Bantuan Alsintan Kepada Poktan

Taput, MISTAR.ID

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Sondang EY Pasaribu mengatakan, ada enam unit pompa air atau alsintan berupa bantuan yang diberikan oleh Kementrian Pertanian Republik Indonesia ini dalam rangka mengantisipasi musim el nino.

“Bantuan yang di serahkan kemarin oleh bapak bupati tersebut bersumber dari APBN kementrian Pertanian RI dalam rangka mengantisipasi fenomena el nino,” ujar SEY Pasaribu saat dikonfirmasi, Senin (4/12/23).

SEY Pasaribu juga menyebutkan kalau bantuan pompa air ini diserahkan kepada 6 kelompak tani (poktan) penerima yakni dari 4 kecamatan, antara lain 2 unit di Kecamatan Siborongborong, 2 unit di Kecamatan Pangaribuan, 1 unit di Kecamatan Garoga dan 1 unit di Kecamatan Pagaran.

Saat penyerahan dulu, Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan didampingi asisten II dan kepala dinas pertanian menyerahkan bantuan alsintan berupa mesin pompa air kepada 6 kelompok tani yang bersumber dari dana APBN Pusat, dilaksanakan di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara.

Baca Juga : Bupati Taput Lantik 19 Pejabat Eselon dan Pejabat Pengawas

Nikson dalam arahannya mengatakan, pertanian merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar dalam rangka mewujudkan visi Taput sebagai lumbung pangan, sehingga sangat diperlukan ketersediaan alat dan mesin pertanian.

“Jadi, untuk mewujudkan visi tersebut dalam mekanisasi pertanian modern dan unggul, maka kita setiap tahunnya ada menampung anggaran untuk pengadaan alsintan yang kita bagikan ke kelompok tani,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan kepada seluruh kelompok tani di Taput yang sudah menerima bantuan alsintan, agar dapat memanfaatkan dan merawat alsintan tersebut dan dimanfaatkan untuk seluruh anggotanya demi meningkatkan produksi pertanian.

“Manfaatkanlah alat dan mesin pertanian yang sudah bapak/ibu dapatkan dari pemerintah untuk kepentingan kelompok tani serta memelihara alat dan mesin pertanian agar beroperasi dengan baik dan dapat lebih meningkatkan produksi pertanian dan perekonomian anggota kelompok tani,” pesannya. (pembela/hm24)

Related Articles

Latest Articles