27.4 C
New York
Friday, May 3, 2024

KTP-El Remaja 17 Tahun di Deli Serdang akan Dicetak Sampai Hari H Pemilu

Deli Serdang, MISTAR.ID

Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menyerahkan 57 keping KTP Elektronik (KTP-El) kepada siswa SMA Negeri 1 Bangun Purba saat menjadi pembina upacara kenaikan bendera di sekolah tersebut, Senin (5/2/24).

“Penyerahan KTP Elektronik ini untuk menunjang dan mendukung percepatan pemenuhan hak penduduk guna memperoleh dokumen kependudukan serta mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Deli Serdang,” jelasnya.

Lanjut Bupati, penyerahan KTP El tersebut merupakan Program Inovasi Pelayanan ‘Dukcapil Go To School’ yang melakukan perekaman KTP-El ke SMA, SMK, Madrasah Aliyah, baik negeri maupun swasta.

“Setelah perekaman, selanjutnya menyerahkan KTP-El yang sudah dicetak kepada siswa yang sudah berusia 17 tahun,” jelas Bupati Deli Serdang ke-14 tersebut.

Baca juga: Pemprov Sumut Bangkitkan Hubungan dengan Guangdong

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Deli Serdang, H Misran Sihaloho menjelaskan, selain kepada siswa SMA Negeri 1 Bangun Purba, penyerahan KTP-El juga dilakukan terhadap siswa di 22 sekolah lainnya, dengan total 1.087 keping KTP-El.

“Sebelumnya juga, kita (Dukcapil) telah menyerahkan KTP Elektronik untuk 14 sekolah sebanyak 618 keping. Hari ini di Kantor Dinas Dukcapil Deli Serdang akan menyerahkan KTP Elektronik untuk delapan sekolah sebanyak 412 keping. Total yang diserahkan sebanyak 1.087 dari 22 sekolah,” rinci Misran.

Untuk Januari 2024 ini, lanjut Misran, pihaknya terus melakukan perekaman di berbagai sekolah sampai satu hari sebelum 14 Februari 2024.

“Insyaallah untuk semua yang direkam dan sudah berusia 17 tahun akan dicetak KTP-nya. Bahkan, bagi mereka yang tepat berusia 17 tahun pada 14 Februari 2024 dan sudah direkam, kami akan mencetaknya pada tanggal itu juga, pagi hari sampai pukul 12.00 WIB di Kantor Disdukcapil Deli Serdang di Lubuk Pakam. Dengan harapan, mereka bisa menggunakan hak pilihnya pada saat itu,” papar Misran.

Ia menjelaskan, ada 147 orang yang genap berusia 17 tahun pada 14 Februari 2024 dan di hari itu pulalah bisa dicetak KTP mereka.

Baca juga: Petugas Pemilu dan Pilkada 2024 Harus Terdaftar JKN dan Skrining Kesehatan

Perekaman KTP-El di Deli Sedang dari Wajib KTP Elektronik sebanyak 1.480.352 jiwa, lanjut Misran, sudah mencapai 98,68 persen. Capaian tersebut merupakan yang tertinggi untuk seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Teguh Setyabudi yang telah memenuhi kebutuhan KTP Elektronik untuk penduduk di Kabupaten Deli Serdang,” ucap Kadis Dukcapil.

Turut hadir saat penyerahan KTP Kadis Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfostan), Christina Helen Siagian, Camat Bangun Purba, Raden Mewah Ristanto beserta unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika); kepala desa se-Kecamatan Bangun Purba.(Sembiring/hm22)

Related Articles

Latest Articles