10.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Maksimalkan Pelayanan, PANRB Siapkan Peluncuran INA Digital

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, mengaku telah mempersiapkan rencana percepatan peluncuran INA Digital dalam rangka akselerasi transformasi digital di sembilan sektor prioritas.

Saat ini, kata Anas, pihaknya sedang mematangkan langkah yang taktis maupun teknis mengenai strategi rencana peluncuran dan pasca peluncuran GovTech Indonesia. “Presiden Jokowi telah memilih nama INA Digital untuk GovTech kita,” ujarnya, Selasa (6/2/24).

Anas mengatakan INA Digital adalah bentuk dukungan terhadap amanat Perpres Nomor  82/2023 tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional dalam rangka pengembangan teknologi berkualitas untuk akselerasi transformasi layanan prioritas di sembilan sektor yang telah ditetapkan.

Baca juga: Dinas Koperasi Sumut Dorong Transformasi Digital UMKM

Sembilan layanan prioritas tersebut adalah layanan kesehatan, layanan pendidikan, bantuan sosial, identitas digital berbasis data kependudukan, layanan Satu Data Indonesia (SDI), transaksi keuangan, integrasi portal servis, layanan aparatur negara hingga SIM online.

Kementerian dan lembaga yang akan menggunakan sembilan layanan prioritas SPBE tersebut juga diminta melakukan percepatan penyelesaian penugasan layanan prioritas bersama dengan Peruri. Percepatan ini upaya untuk menyepakati solusi tepat guna serta menyusun penugasan kepada Peruri. (mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles