15 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Pemprov Sumut Bangkitkan Hubungan dengan Guangdong

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Utara (Sumut) mengukuhkan kembali hubungan kerja sama dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT), terutama Provinsi Guangdong, dengan harapan terciptanya penerbangan baru ke Tiongkok.

Sekdaprov Sumut, Arief S Trinugroho, mengungkapkan, hubungan diplomatik antara Sumut dan Guangdong, yang telah terjalin selama 20 tahun, saat ini tengah mengalami reaktivasi.

Dalam acara Resepsi Festival Musim Semi 2024 di Hotel Marriot, Medan, Senin (5/2/24), Arief menyampaikan, “Kami berharap hubungan sister province dapat meningkatkan kerja sama ekonomi dan memfasilitasi investor, mendorong pertumbuhan ekonomi di Sumut.”

Delegasi Pemprov Sumut sebelumnya berkunjung ke Guangdong pada Oktober 2023, membahas reaktivasi hubungan kedua provinsi. Meskipun hubungan awalnya bersifat sosial dan budaya, Arief menyoroti keberlanjutan kerja sama dalam sektor ekonomi.

Baca juga: Soal Rohingya, Pemprov Sumut Tunggu Kebijakan Pusat

Dengan potensi pariwisata yang besar di Sumut, Arief juga mengusulkan destinasi penerbangan baru antara Sumut dan Tiongkok. Dengan banyaknya pelancong asal Tiongkok ke Sumut, upaya untuk menghidupkan kembali penerbangan dari dan menuju Tiongkok dianggap penting.

“Sekitar tiga minggu lalu, ada penerbangan perdana dari Doha, Qatar, ke Kualanamu. Kami berharap penerbangan Kualanamu – Hongkong atau destinasi lain dapat dihidupkan kembali,” ungkap Arief.

Konsul Jenderal RRT di Medan, Zhang Min, mengapresiasi upaya Pemprov Sumut dalam menjaga hubungan baik antara kedua pihak. Ia menyatakan apresiasinya terhadap pemerintah Sumut yang menciptakan lingkungan investasi dan bisnis yang baik bagi investor Tiongkok.

Baca juga: Pemprov Sumut Responsif Terhadap LHP BPK

Resepsi festival musim semi, merayakan Tahun Baru Imlek, tidak hanya memanjakan tamu dengan kuliner Tionghoa tetapi juga menampilkan seni budaya Tiongkok untuk memperkuat keberagaman budaya dan kerja sama antara Sumut dan Tiongkok. (Hutajulu/hm20)

 

Related Articles

Latest Articles