8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Banyak Anak Tidak Bisa Membaca di Wilayah Pesisir

Deli Serdang, MISTAR.ID

Komunitas Berbagi Senyuman yang akrab dikenal dengan Sharesmile mengadakan kegiatan belajar dan mengajar untuk anak SD hingga SMP di Kampung Nelayan Hamparan Perak, Deli Serdang, Minggu (28/1/24). Wilayah ini dipilih sebagai tempat kegiatan karena dinilai masih banyak anak yang tidak bisa membaca.

“Masih banyak anak-anak yang tidak bisa membaca, menulis, serta berhitung di sini,” kata Ferdi Selaku Ketua Umum Sharesmile, seusai acara.

Pengajaran tentang membuang sampah juga menjadi tema Sharesmile kali ini. Alat peraga sendiri dibuat menggunakan botol plastik.

“Kami membuat praktek penyebab adanya banjir karena membuang sampah sembarangan. Kegiatan dilakukan karena sesuai target 4.6, tujuan pembangunan berkelanjutan yaitu menjamin bahwa semua remaja dan proporsi kelompok dewasa tertentu, baik laki-laki maupun perempuan, memiliki kemampuan literasi dan numerasi,” tambah Ferdi.

Baca juga: Orangtua Berperan Dalam Peningkatan Literasi dan Budaya Membaca Bagi Anak

Kepala Lingkungan (Kepling) XII Kampung Nelayan, Awi turut senang dengan kehadiran anak muda yang masih peduli terhadap pendidikan anak di pesisir.

“Saya ucapkan terima kasih kepada adik-adik yang ingin membagikan ilmunya di sini, sebab tidak semua orang tua mampu untuk memberikan pendidikan tambahan untuk anak-anaknya. Semoga dengan hadirnya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi anak-anak desa,” ucap Awi.

Di akhir pelajaran, peserta diminta memberikan pendapatnya, sekaligus melatih keberanian anak untuk berbicara di depan umum.

“Terima kasih, sudah mau datang dan mengajari kami membaca, berhitung di sini. Kami sangat senang, bahagia, kegiatannya meriah,” kata salah satu anak. (Dinda/hm20)

Related Articles

Latest Articles