24.8 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Ombudsman RI Perwakilan Sumut Pantau Arus Balik Bandara Kualanamu

Deli Serdang, MISTAR.ID

Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dipimpin Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumut, James Marihot Panggabean, memantau arus balik libur Idul Fitri 1445 H sekaligus memberikan saran pada PT Angkasa Pura Aviasi untuk mengefektifkan pengelolaan pengaduan, Senin (15/4/24)

“Untuk PT Angkas Pura Aviasi disarankan agar mengefektifkan pengelolaan pengaduan atas layanan bandara. Jadi bukan hanya layanan informasi saja tapi juga ada layanan pengaduan,” ujar James dalam keterangan tertulis, Selasa (16/4/24).

James menyampaikan, bahwa layanan pengaduan sangat dibutuhkan agar apa yang menjadi keluhan penumpang atau pengguna jasa bandara dapat menyampaikan ke pihak layanan bandara.

Baca juga: Oknum Polisi Diduga Aniaya Istrinya Ternyata Dipicu Hal Sepele

“Petugas layanan pengaduan dapat berkerjasama dengan unit kerja yang bertanggungjawab untuk menjawab aduan yang disampaikan oleh penumpang maupun pengguna jasa bandara,” jelasnya.

Meskipun, saat ini layanan pengaduan baru memiliki sarana melalui telepon hotline bandara, James mengatakan, seyogyanya juga tersedia satu loket yang dapat digabungkan tempatnya dengan pelayanan informasi.

“Namun, kita percayakan saja pada PT Angkasa Pura Aviasi untuk terus meningkatkan performa pelayanan dalam melayani penumpang dan pengguna jasa Bandara untuk memberikan pelayanan yang baik,” ungkapnya.

Selain itu, berdasarkan hasil pemantauan arus balik di Bandara Internasional Kualanamu, Tim Ombudsman RI mendapatkan informasi terkait data jumlah keberangkatan penumpang selama 3 hari terakhir yaitu, pada tanggal 11, 12 dan 13 April 2024.

Baca juga: Pemilik ke Ladang, Rumah Petani di Panobasan Ludes Terbakar

“Jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara Internasional Kualanmu pada tanggal 11 April 2024 ada sebanyak 7.766. Kemudian, tanggal 12 April ada sebanyak 10.047 dan tanggal 13 April 2024 ada sebanyak 11.959 penumpang,” jelasnya.

Dari data tersebut, James menyimpulkan, jumlah tertinggi penumpang yang berangkat dari Bandara Internasional Kualanamu pasca hari Raya Idulfitri 1445 pada tanggal 13 April 2024.

Dalam pemantauan ini, Tim Ombudsman RI disambut oleh Asisten Manager of Landside Service PT Angkasa Pura Aviasi, Hendro Vivandry dan Kepala Bagian Tata Usaha Otoritas Bandara Wilayah II, Aryani Satyamurni beserta jajaran. (Dinda/hm22)

Related Articles

Latest Articles