7.6 C
New York
Friday, April 26, 2024

Penyelundup Ditangkap di Kualanamu, Modusnya Masukkan Sabu di Anus

Medan, MISTAR.ID

Pihak Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara (Sumut) bersama Polresta Deli Serdang berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, pada Senin (1/4/24).

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, kelima tersangka melakukan aksinya dengan modus memasukkan sabu yang sudah dibungkus dalam bentuk kapsul dimasukkan melalui anus dan disembunyikan di dalam perut.

“Jadi berbagai cara dan upaya dilakukan oleh jaringan sindikat narkoba untuk mengedarkan barang haram tersebut,” ungkapan Hadi, pada Selasa (2/3/24).

Baca juga:Selundupkan Sabu 1,3 Kg, Lima Pria Ditangkap di Bandara Kualanamu

Dikatakan Hadi, modus ini merupakan dampak dari semakin gencarnya Polda Sumut memberantas peredaran narkoba, sehingga sulit diperoleh di pasaran.

Sementara kelima tersangka ditangkap saat hendak berangkat menuju Bandara Soekarno-Hatta menggunakan pesawat Lion Air dari Bandara Kualanamu.

“Kelimanya berinisial RD (32), DA (20), AR (32), MAP (27) dan WS (24). Dari kelimanya polisi berhasil amankan 1.230 gram sabu,” ujar Hadi.

Jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1998 ini menjelaskan, pengungkapan kasus ini berawal dari kecurigaan polisi terhadap salah seorang penumpang inisial RD. Saat digeledah petugas, ditemukan 3 bungkus plastik berbentuk kapsul di celana seberat 272,9 gram sabu.

Baca juga:Diupah Rp7 Juta per Kg, Kedua Tersangka Ini Ngaku 2 Kali Selundupkan Sabu ke Medan

Lanjutnya, petugas pun kembali melakukan interogasi terhadap tersangka lainnya. Namun keempatnya mengakui tidak tahu-menahu temuan sabu dalam bentuk kapsul di tubuh RD.

“Petugas tidak kehilangan akal, sehingga kelimanya kemudian digelandang ke Polsek di kawasan bandara untuk diperiksa lebih mendalam,” sambung Hadi.

Saat itu, petugas bekerja sama dengan pihak Dokkes Polresta Deli Serdang untuk melakukan pemeriksaan dengan metode teknik klisma. Teknik ini kata Hadi dengan cara memasukkan cairan sabun ke anus para pelaku.

“Hasilnya, berhasil dikeluarkan 11 bungkus plastik berbentuk kapsul dari lubang dubur para tersangka,” jelasnya lagi.

Baca juga:Kurir Asal Aceh Selundupkan Sabu dalam Sendal

Dirincikan Hadi, dari 1.230 gram sabu yang berhasil diamankan, sebanyak 4 kapsul dengan berat 272,9 gram dibawa RD. Lalu 2 kapsul masing-masing berat 90,2 gram dan 81,7 gram dibawa DA.

Kemudian AR membawa 3 kapsul dengan berat 263,4 gram, sementara MAP 3 kapsul masing-masing 83,9 gram, 86,9 gram dan 80,2 gram. Terakhir WS membawa 2 kapsul dengan berat 92,2 gram dan 91,7 gram. (matius/hm16)

Related Articles

Latest Articles