14.4 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Pasokan Minim, Pengrajin Kolang Kaling Kewalahan Penuhi Permintaan

Langkat, MISTAR.ID

Minimnya pasokan kolang kaling membuat para pengrajin kolang kaling yang ada di Desa Sei Limbat Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat, kewalahan memenuhi permintaan kolang kaling untuk puasa Ramadhan dan  menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

Omzet permintaan mereka terus semakin meningkat akibat kebanjiran pesanan dari para warga lokal dan pesanan dari luar daerah dan luar negeri.

“Permintaan terhadap buah kolang kaling terus semakin meningkat apalagi menjelang puasa kemarin,” kata salah seorang pengusaha kolang kaling Heri, Selasa (12/3/24).

Permintaan terhadap buah ini tidak hanya datang dari warga Sumatra Utara (Sumut) saja, tapi juga datang dari Jakarta dan Surabaya, termasuk pesanan dari Malaysia dan Singapura.

Baca juga: Jelang Lebaran, Permintaan Kolang-kaling Menurun

Heri menjelaskan usaha kolang kaling yang digelutinya hingga kini merupakan usaha yang sudah turun temurun.

Usaha yang dirintisnya ini bila biasanya hanya memproduksi 20 ton kolang kaling setiap bulannya, namun sekarang ini karena permintaan terus semakin meningkat termasuk yang datang dari luar Sumut hampir mencapai 200 ton.

“Untuk puasa dan lebaran kali ini pesanan yang harus dipenuhi mencapai 200 ton termasuk yang diminta oleh warga Malaysia dan Singapura. Kami baru mengirimkan satu truk kontainer berisi 16 ton kolang kaling ke Jakarta dua hari lalu sebelum puasa,” katanya.

Related Articles

Latest Articles