14.4 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Pemkab Batu Bara Terus Berinovasi Tingkatkan Keterbukaan Informasi Publik

Batu Bara, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul menyampaikan dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan, pihaknya terus berupaya berinovasi dalam peningkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Hal ini sejalan dengan salah satu tagline Kabupaten Batu Bara yaitu transparansi,” uja Nizhamul saat menerima kunjungan Asisten Deputi Koordinasi Tata Kelola Pemerintahan Kemenkopolhukam RI, Y Saiful Garyadi, di Aula Kantor Bupati Batu Bara, Rabu (6/3/24).

Menurutnya, Keterbukaaan Informasi Publik akan sangat membantu masyarakat dalam mengakses informasi sehingga informasi mudah dijangkau, andal, terpercaya dan Interaktif.

Pemerintah Kabupaten Batu Bara, disebutkan Nizhamul juga terus berupaya dalam mengelola informasi dengan baik melalui kolaborasi multi stakeholder yang melibatkan semua unsur.

“Dengan demikian, semua informasi yang sampai kepada masyarakat luas dapat diterima secara informatif dan cepat,” ucapnya.

Baca Juga : Pemkab Batu Bara Terima Penghargaan Wajib Pajak Tertinggi dari Kanwil DJP Sumut II

Nizhamul juga menyampaikan bahwa sejak Desember tahun 2021 Pemkab Batu Bara mulai menggunakan Pusat Data Nasional. Pada Desember 2022, terdapat 38 web/aplikasi milik Pemkab Batu Bata yang didukung oleh Produk Dalam Negeri (PDN) sementara.

“Diantaranya System Online Submission (OSS), aplikasi sicantik cloud untuk mempercepat penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan, Dokter KK GO digital atau dokumen terbit karena kelahiran secara digital dan DUKCAPIL hadir di desa. Ini merupakan inovasi layanan  yang dilaksanakan di masing-masing desa memanfaatkan aplikasi berbasis web, sehingga masyarakat cukup datang mengurus di kantor desa,” tegasnya.

Dijelaskan Nizhamul, inovasi pelayanan pemerintah dalam hal transparansi informasi publik merupakan sebagai upaya Pemkab Batu Bara menuju Kabupaten Batu Bara Bangkit. (ebson/hm24)

Related Articles

Latest Articles