11.1 C
New York
Wednesday, February 28, 2024

Banjir Melanda, 168 Warga Desa Gambus Laut Batu Bara Mengungsi

Batu Bara, MISTAR.ID

Intensitas hujan yang sangat tinggi ditambah luapan air Sungai Kuba yang berhulu di Simalungun menyebabkan air banjir menyerang Desa Gambus Laut Kecamatan Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batu Bara.

Tiga dusun di desa tersebut menjadi daerah yang sangat terdampak banjir. Ketingian banjir pada Selasa (8/11/22) sekira pukul 21.00 WIB sudah mencapai 50 hingga 80 centimeter.

Serangan banjir di ketiga dusun tersebut menyebabkan sebagian besar dari 168 kepala keluarga yang terdampak banjir menginggalkan rumahnya dan mengungsi ke tenda yang telah dipersiapkan Dinas Sosial Kabupaten Batu Bara.

Baca juga:Kapolres Tebing Tinggi: Akhir Tahun, Antisipasi dan Siaga Banjir

Kapolsek Lima Puluh AKP Rusdi SH, NM  yang mendengar kejadian tersebut langsung terjun ke lokasi Selasa malam bersama anggota.

“Kita meninjau lokasi banjir akibat tingginya curah hujan dan luapan air Sungai Kuba sehingga pemukiman masyarakat di Dusun VI, Dusun VII dan Dusun VIII Desa Gambus Laut Kecamatan Lima Puluh Pesisir terendam air dengan ketinggian 50 cm hingga 80 cm,” terang Kapolsek Lima Puluh AKP Rusdi.

Dikatakan AKP Rusdi jumlah warga yang terdampak banjir berdasarkan pendataan sebanyak 168 Kepala Keluarga dengan rincian di Dusun VI  sebanyak 50 KK.

Dusun VII  sebabyak 110 KK dan Dusun VIII sebanyak 8 KK. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa namun kerugian materi belum dapat diketahui karena air banjir masih terus naik,” jelasnya.

Mengingat intensitas curah hujan yang sangat tinggi dan berpotensi naiknya ketinggian air banjir, Kapolsek menyarankan agar warga yang terdampak banjir tidak kembali ke rumahnya  masing masing. Demikian pula kepada warga yang masih bertahan dirumahnya yang digenangi air disarankan Kapolsek agar ikut mengungsi ke tenda maupun balai desa.

Baca juga:48 Desa dan Kelurahan Terdampak Banjir Asahan, 1.585 Orang Mengungsi

Hingga saat ini bantuan yang telah disalurkan ke lokasi banjir berupa 1 Unit Tenda Darurat Dinsos Batu Bara, Obat- Obatan dan tenaga medis, beras sebanyak 44 Zak dari Dinsos Batu Bara dan 10 Zak dari Kapolsek Lima Puluh. (ebson/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles