13.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Lazismu Asahan Ajak Anak Yatim Beli Baju Lebaran Sesuai Keinginan

Asahan, MISTAR.ID

Sebanyak 67 orang anak yatim di Kisaran, Kabupaten Asahan merasakan kegembiraan yang tiada tara kala diajak berbelanja kebutuhan baju Lebaran oleh Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu).

Program ini merupakan inisiatif dari Lazismu selama Bulan Ramadhan. Dana yang digunakan berasal dari infaq, shadaqah dan zakat harta yang telah disumbangkan para donatur kepada lembaga zakat resmi yang telah terverifikasi oleh Kementerian Agama (Kemenag).

“Lazismu telah berbagi kebahagiaan kepada 67 anak yatim melalui program yang kami sebut ‘Kado Ramadhan’. Satu anak kami ajak memilih dan membeli baju baru Lebaran mereka. Setiap anak berhak memilih 5 jenis barang,” ungkap Hazlansyah Ramelan selaku Ketua Lazismu Kabupaten Asahan dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (8/4/24).

Baca juga:Puluhan Anak Yatim di Kota Medan Berbelanja Baju Lebaran Gratis

Hazlansyah menuturkan, total dana yang digunakan untuk pembelian baju baru mencapai Rp 10,7 juta. Dana berhasil dikumpulkan dari muzakki atau donatur yang memberikan sumbangan infaqnya melalui Lazismu.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih tak terhingga pada masyarakat atau muzakki yang telah mempercayakan Lazismu sebagai lembaga yang dapat diandalkan untuk menghimpun shadaqah, zakat dan infaq di wilayah Kabupaten Asahan,” paparnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana anak-anak yatim hanya mendapatkan baju Lebaran yang langsung diberikan donatur, kali ini mereka berkesempatan berbelanja sesuai dengan keinginan, mulai dari pakaian, sandal, tas, hingga jam tangan.

“Sebelumnya, pemberian baju Lebaran kepada anak-anak ini tidak terkoordinir. Namun, Lazismu memberikan pendekatan yang berbeda. Kami memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk memilih 5 barang sesuai keinginan mereka di tempat kami. Alhamdulillah, mereka sangat gembira,” jelas Hazlansyah.

Baca juga:Bobby Nasution Bawa 100 Anak Yatim Dhuafa Belanja Baju Lebaran

Salah satu anak Bernama Ihsan, penerima manfaat yang juga merupakan anak asuh dari Panti Asuhan Muhammadiyah. Ia mengaku, senang dapat memilih sendiri barang-barang yang diinginkannya untuk Lebaran.

“Senang, saya ambil dua baju, satu celana, jam tangan dan satu jaket,” ucap Ihsan dengan gembira.

Melalui program seperti ini, diharapkan anak-anak yatim di Kisaran dapat merasakan kebahagiaan dan kenangan indah di Bulan Suci Ramadhan dan menjelang perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah. (perdana/hm16)

Related Articles

Latest Articles