16 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

8 Km Jalan Provinsi Sei Rampah Dan Tanjung Beringin Rusak Parah

Sergai, MISTAR.ID

Curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan kondisi Jalan Provinsi yang terletak di Kecamatan Sei Rampah dan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) rusak berat.

Kurang lebih sepanjang 8 km jalan mengalami rusak berat di beberapa desa yang berada di sepanjang jalan provinsi tersebut. Pantauan Mistar, Rabu (22/12/21), terhitung dari Simpang Bedagai yang terletak di Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah hingga Desa Pematang Terang yang terletak di Kecamatan Tanjung Beringin, jalan yang biasa dilalui masyarakan dipenuhi lubang, walau pun tidak semua jalan mengalami rusak berat.

Sedangkan jalan provinsi tersebut melewati empat desa yaitu Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah, Desa Pekan Tanjung Beringin, Desa Pematang Cermai, Desa Pematang Terang, Kecamatan Tanjung Beringin.

Baca Juga:Usai Dilanda Banjir, 11 KM Jalan Provinsi Simpang Belidahan Rusak Berat

Namun ada beberapa titik yang mengalami rusak berat yaitu dimulai dari Simpang Bedagai Desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah tepatnya di Dusun 3, Dusun 7 dan Dusun 8 yang diperkirakan mengalami kerusakan sepanjang 1 km. Kemudian untuk Kecamatan Tanjung Beringin berada di Desa Pekan Tanjung Beringin diperkirakan 1 km, di Desa Pematang Cermai diperkirakan 3 km, dan Desa Pematang Terang diperkirakan 3 km yang mengalami rusak berat.

Kepala Desa Pematang Cermai Misdi mengaku resah terhadap kondisi jalan yang kini sedang rusak parah. Selain kendaraan warga, ada juga truk terguling atau terprosok gegara mengelakkan jalan berlubang.

“Sejak saya dilantik tahun 2019 lalu, jalan sudah rusak seperti sekarang. Bahkan sudah lebih parah lagi. Pada tahun 2020, lobang menganga sudah mencapai 50 cm. Namun warga selalu berupata menambalnya dengan batu dan tanah. Tetapi sekarang karena musim penghujan, kerusakan bertambah parah,” terangnya.

Misdi juga berharap gubsu agar segera menganggarkan untuk pembangunan jalan yang merupakan akses penting untuk menghubungkan dua kecamatan yang menjadi kewenangan Provinsi Sumatera Utara.

Baca Juga:Perbaikan Tambal Sulam Jalan Provinsi Jurusan Siantar – Raya Diharap Berkelanjutkan

“Saya selaku Kepala Desa Pematang Cermai sangat mengharapkan gubernur untuk sudi kiranya menganggarkan pembangunan untuk jalan kami, karena jalan tersebut menjadi kewenangan Provinsi Sumut,” ujarnya.

Sedangkan Heri (43) warga Dusun 1 Desa Pematang Cermai berharap agar pemprovsu memberikan perhatiannya ke daerah tersebut dengan melakukan perbaikan jalan. “Saya berharap agar gubsu segera bertindak dengan memperbaiki jalan rusak. Soalnya dengan rusaknya jalan ini membuat kami kesulitan mengangkut hasil pertanian. Jadi, tolonglah pak gubernur. Tolong kami,” kata Heri.

Terpisah, Kepala Desa Pematang Terang Lammartua Silaen SP mengatakan, jalan provinsi di desanya juga mengalami kerusakan dengan banyaknya lubang dimana-mana. Ia berharap kepada gubernur agar segera memperbaiki jalan di desanya.

Baca Juga:DPRD Sumut Prihatin Jalan Provinsi di Kepulauan Nias Rusak Parah

“Memang sebelumnya jalan itu sudah rusak. Tapi sejak curah hujan yang cukup tinggi seperti sekarang, jalan di desa saya tambah banyak yang rusak dengan lubang di mana-mana. Saya juga mengharapkan agar gubernur segera melakukan perbaikan terhadap jalan kami. Karena jalan kami ini merupakan akses penting untuk masyarakat yang moyoritas petani sawah dan jalan tersebut merupakan kewenangan provinsi. Tentunya provinsilah yang berwenang untuk memperbaiki jalan itu,” katanya. (boby/hm12)

Related Articles

Latest Articles