18.6 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

13 Hotspot Terdeteksi di Sumut Hari Ini, Suhu Udara Tertinggi 35 Derajat Celcius

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mendeteksi 13 titik panas (hotspot) yang tersebar di beberapa daerah di Provinsi Sumatera Utara hari ini.

Prakirawan BMKG wilayah I Medan, Putri Diana Tarigan mengatakan, 6 titik panas berada di Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Kemudian masing-masing 2 titik terdapat di Kabupaten Asahan dan Kota Sibolga.

“Sementara 3 titik panas lainnya, masing-masing 1 titik berada di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Samosir dan Tapanuli Tengah (Tapteng),” ujarnya, Jumat (16/6/23).

Baca juga: Fenomena Pemanasan Suhu El Nino Dianggap Mengancam, Ini Lima Poin Mencegah Karhutla

Putri mengatakan, pagi hari seluruh wilayah di Sumut berawan. Sementara siang-sore hari berawan, tetapi berpotensi hujan ringan di Langkat, Medan, Binjai, Karo, Deli Serdang, Pematang Siantar, Simalungun, Samosir dan Toba.

“Termasuk juga Asahan, Serdang Bedagai (Sergai), Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara (Labura), Labuhanbatu Selatan Utara (Labusel) dan Madina,” ucapnya.

Dikatakan Putri, malam hari hujan ringan hingga sedang juga berpotensi terjadi di Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Simalungun, Pematang Siantar, Asahan, Labuhanbatu, Labura dan Labusel. “Dini hari hampir seluruh wilayah di Sumut berawan,” katanya.

Baca juga: Waspadai Hujan Sedang Hingga Deras di Lereng Timur dan Pantai Timur Sumut

Putri menyebutkan, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 16.0 – 35.0 derajat celcius. Kelembaban udara 60 -95 persen, sementara angin yang bertiup dari barat daya ke barat laut berkekuatan 10-30 km per jam.

“Tidak ada peringatan dini yang dikeluarkan hari ini,” pungkasnya. (ial/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles