21.4 C
New York
Saturday, May 18, 2024

Santri Angkatan XXVI Darul Mursyid Optimis Lulus PTN 100 Persen

Tapsel, MISTAR.ID

Sebanyak 80 orang santri angkatan XXVI Pesantren Modern Unggulan Terpadu ‘Darul Mursyid’ diyakini masuk 100 persen di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun ini. Pasalnya, saat ini 79 orang diantaranya telah dinyatakan lulus.

“Dari 80 santri yang tamat tahun ini, terdata 79 santri sudah lulus tes masuk di berbagai PTN di Indonesia. Tinggal satu lagi menunggu pengumuman,” ujar Kepala Madrasah Aliyah (MA), Irmawan Mukmin, Selasa (30/4/24).

Disebutkan, dari 79 santri itu telah diterima di beberapa PTN diantaranya Universitas Malikussaleh, Universitas Sumatera Utara, Universitas Jenderal Sudirman, Universitas Negeri Medan, Universitas Veteran Yogyakarta, Universitas Brawijaya, Politeknik Elektro Negeri Surabaya, Universitas Andalas, Politeknik Elektro Negeri Surabaya, Universitas Negeri Padang, Universitas Padjadjaran, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan berbagai perguruan Tinggi Islam di Indonesia.

“Capaian ini sesuai harapan ketua Umum Yayasan Pesantren Darul Mursyid, Jafar Syahbudin Ritonga yang menginginkan santrinya diterima di perguruan tinggi besar dan ternama,” ungkapnya.

Baca Juga : Pesantren Darul Mursyid Ukir Prestasi, 24 Santri Lulus PTN Jalur SNBP 2024

Dia mengatakan, pada Sabtu (26/4/24) telah digelar wisuda atau pelepasan santri kelas XII menuju jenjang PTN. Prosesi wisuda angkatan XXVI itu langsung dipandu oleh Ketua Badan Pendiri Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yasprnhir) Hj Riana Siregar dan petinggi lainnya. Kapolres Tapsel AKBP Yasir Ahmadi yang juga alumni Darul Mursyid hadir pada acara itu.

Dalam kesempatan tersebut, Yasir mengatakan tantangan alumni saat ini semakin besar dan berat. Tingginya jumlah pencari kerja yang tidak dibarengi dengan ketersediaan lapangan kerja yang ada, menjadi problem utama yang harus dihadapi begitu menyelesaikan studi.

Dia menyarankan alumni harus berani keluar dari zona nyaman dan harus berani melakukan terobosan-terobosan baru, yang tidak saja dapat mengentaskan dirinya sendiri tapi juga bermanfaat untuk orang banyak.

Related Articles

Latest Articles