9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

10.376 Personil Gabungan Amankan Idul Fitri dan Mudik di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Polda Sumut dan lintas sektoral Provinsi Sumatera Utara siap mengamankan seluruh rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, khususnya pada saat melaksanakan mudik.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi serta pimpinan Forkompida Sumut mengatakan, Polda Sumatera Utara sendiri akan melaksanakan Operasi Ketupat Toba 2022 mulai 28 April hingga 9 Mei 2022. “Tadi kita sudah sepakat kalau kepolisian akan melaksanakan operasi dengan sandi Operasi Ketupat Toba 2022 yang akan digelar pada tanggal 28 April samapi 9 Mei 2022,” ucapnya usai menjalankan Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan Idul Fitri 1443 H di Mapolda Sumut, Selasa (19/4/22).

Baca Juga:Pastikan Keamanan, Kapolda Sumut Tinjau Pelaksanaan Pilkades Serentak

Panca menegaskan kalau operasi ini digelar untuk memberi keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang merayakan Idul Fitri dan perjalanan mudik. “Disana kita melaksanakan operasi kemanusiaan dalam rangka mengamankan dan memastikan masyarakat yang melaksanakan perayaan Idul Fitri dalam keadaan aman, sehat dan lancar,” terangnya.

Pada tahun ini, sambung Kapolda, pemerintah memprediksi akan terjadi peningkatan arus mudik. “Untuk mengamankan ini, kita memiliki mekanisme di antaranya mendirikan Pos Pengamanan (Pospam),” kata dia.

Ia menerangkan, pihaknya mendirikan 146 pos yang terdiri dari 105 pos pengamanan (pospam), 35 pos pelayanan (posyan) dan beberapa pos terpadu di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Utara. Pos pengamanan itu, katanya akan ditempati 7.014 personel Polri dan 3.362 personel TNI dan lintas sektoral lainnya (10.376 personel gabungan).

Baca Juga:Kapolda Sumut Sambut Kepulangan 205 Personel Satgas Amole dari Papua

Selain itu, berdirinya pospam ini juga didukung oleh sejumlah organisasi kemasyarakatan lainnya. “Didukung oleh organisasi kemasyarakatan lainnya,” ucapnya.

Panca berharap, dengan adanya Operasi Ketupat Toba 2022 ini, masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dan mudik dengan aman. Namun, sebut dia, harus tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes). “Kita berharap dengan adanya operasi Ketupat Toba, masyarakat bisa betul-betul merayakan Idul Fitri, terlebih saat mudik aman dan sehat, tentu semuanya ini harus memperhatikan prokes,” kata dia.

Kemudian, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak bersama Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi serta pimpinan Forkompida Sumut meninjau kesiapan dan simulasi pospam yang berada di Mapolda Sumut.(saut/hm15)

Related Articles

Latest Articles