11.7 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

1.570 Mahasiswa Unimed KKN di Deli Serdang, Bupati : Mahasiswa Dapat Menggali Potensi Desa

Deli Serdang  MISTAR.ID

Sebanyak 1.570 mahasiswa Unimed lakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Kabupaten Deli Serdang. Mahasiswa tersebut akan tersebar ke 71 desa di 13 kecamatan.

KKN mahasiswa Unimed tersebut dilepas Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan diwakili Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM, Drs David Efrata Tarigan di Alun-Alun Pemkab Deli Serdang, Senin (10/7/23).

” Sebagai kaum intelektual dan agen pembangunan, sudah seharusnya mahasiswa memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan dan kapasitas dengan semangat Tri Dharma perguruan tinggi yang menjadi roh bagi mahasiswa,” kata David Efrata Tarigan.

Menurutnya, di samping belajar, mahasiswa juga dituntut untuk melakukan penelitian yang akan diabdikan kepada masyarakat. Sehingga, nantinya memiliki kesiapan dalam mengikuti semua program belajar dan pembelajaran.

“Dengan konteks ini, maka mahasiswa sebagai agen perubahan harus mampu memposisikan dan menyesuaikan diri dengan masyarakat selama mengikuti KKN. Mahasiswa juga harus bisa beradaptasi membantu mengatasi permasalahan di masyarakat. Salah satunya melakukan pemberdayaan potensi masyarakat desa setempat menuju peningkatan kesejahteraan lebih baik,” papar David Efrata Tarigan

Baca juga : Unimed Wisuda 1.356 Lulusan Periode Februari 2023

Sebagai mahasiswa yang ingin sukses, tambahnya, harus mampu berkreasi dan berinovasi dalam melihat kondisi dan potensi yang ada.

David juga menghimbau agar mahasiswa bisa mengikuti dan menjalani KKN dengan baik.Serta cepat beradaptasi terhadap lingkungan.

Sebelumnya, Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Unimed, Dr Eko Wahyu Nugrahadi MSi menyebutkan, mahasiswa KKN Unimed di Deli Serdang sebanyak 1.570 orang yang akan tersebar ke 71 desa di 13 kecamatan. KKN berlangsung selama satu bulan lebih, 10 Juli hingga 19 Agustus 2023.

“Dalam pelaksanaannya, tentu kerjasama dari kepala desa maupun perangkat desa, kecamatan dan kabupaten sangat diperlukan. Sehingga, program yang direncanakan dapat berjalan baik dan lancar,” ujar Eko Wahyudi.

Kata Eko, ada prinsip-prinsip yang harus dipegang mahasiswa.Antara lain wajib melibatkan perangkat desa dan masyarakat, serta organisasi maupun lembaga terkait. Prinsip kedua, program yang dilaksanakan sesuai dengan kemampuan masing-masing mahasiswa.

Ketiga adalah sustainable atau berkelanjutan.  Terakhir adalah program yang dilaksanakan bisa diterima masyarakat umum.

Hadir pada pelepasan mahasiswa KKN Unimed tersebut, Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Pendidikan, Nani Barorah Nasution SPd MA PhD (rinaldi/hm19)

Related Articles

Latest Articles