13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Lewati Perenungan Panjang, Edwin Purba Siboro Bertekad Ikuti Pilkada Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Nama Edwin Purba Siboro belakangan muncul untuk mengikuti pertarungan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Pematangsiantar yang akan berlangsung 27 November 2024 mendatang.

Edwin merupakan anak dari Ephorus Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) pertama, Pdt Jenus Purba Siboro.

Edwin memiliki latar belakang pengusaha. Ia mendirikan PT Puri Aman Sejahtera, sekaligus menjabat Direktur Utama (Dirut). Perusahaan tersebut diketahui bergerak di bidang pengembang perumahan.

Baca juga:Masuk Tahapan Pilkada Siantar, KPU Sebut Syarat Balon Walikota Perseorangan

Saat ditemui, pada Sabtu (30/3/24), Edwin mengaku, niatnya untuk ikut menjadi Bakal Calon Wali Kota Pematangsiantar bermula dari dorongan sekitar. Sebelumnya ia juga didorong untuk mencalonkan sebagai anggota DPRD Kota Pematangsiantar.

Dikatakan alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) ini, dirinya baru memantapkan diri menjadi calon kepala daerah setelah melewati perenungan panjang.

Ia mengutip ayat Alkitab 1 Korintus 27 sebagai dasar tekadnya maju dalam pertarungan politik ini. “Tetapi Allah sudah memilih yang bodoh dari dunia untuk mempermalukan yang bijaksana, dan Allah memilih apa yang lemah dari dunia untuk mempermalukan yang kuat,” sebutnya.

“Jadi tugas saya hanya sebagai berperkara dan yang memberi kekuatan itu dari Tuhan,” sambungnya.

Baca juga:Pilkada Siantar 2024, Pengamat Politik Bakal Calon Harus Persiapkan Ini

Berlatar belakang pengusaha, Edwin berniat memanfaatkan lahan Tanjung Pinggir (eks Kebun Bangun PTPN III) untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

“Bagaimana pun nanti caranya, hak lahan itu harus dikuasai Pemko Pematangsiantar. Itu perlu gebrakan,” ujarnya.

Selain itu, dalam benaknya, Pematangsiantar akan dijadikan kota menyenangkan bagi masyarakat maupun wisatawan. Di setiap kelurahan, ia rancang bakal dibuatkan lapangan olahraga agar anak-anak bisa memanfaatkan waktu senggang di lokasi tersebut.

“Dari situ nantinya akan tumbuh minat anak-anak kita dengan olahraga, bukan terpaku kepada handphone (HP) seperti yang saat ini terjadi,” katanya.

Baca juga:Anggota DPRD Sumut Ramaikan Kontestasi Pilkada Siantar 2024

Sampai saat ini, Edwin mengaku masih akan terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak-pihak yang akan membantunya memuluskan jalan menjadi Wali Kota Pematangsiantar. Penguatan akar rumput, dikatakan dia menjadi modal untuk bertarung dalam pesta demokrasi itu.

Kendaraannya mencalonkan diri, sebut Edwin akan melalui jalur perseorangan. Pun begitu, ia mengatakan, tidak menutup kemungkinan maju melalui partai politik (parpol).

“Kalau sampai saat ini, jalur perseorangan lah yang paling besar kemungkinannya,” ucap suami dari Selvi Tiomerlina Sinaga ini.

Segala sesuatunya, diakui Edwin telah dipersiapkan termasuk dukungan masyarakat sebagai syarat pencalonan melalui perseorangan. “Sudah ada tim kita,” imbuhnya.

Baca juga:Bakal Maju Pilkada Siantar 2024, Koni Siregar Mengaku Ditawari

Edwin menyebut, belum memutuskan sosok yang bakal menemani dalam ‘pertempuran’ nanti. Ia tidak menutup siapa saja dan berlatar belakang apa untuk menjadi wakilnya.

“Mau birokrat, pengusaha atau politisi tidak menjadi penghalang. Selama visi-misi sejalan, kita mainkan,” tukasnya. (gideon/hm16)

Related Articles

Latest Articles