-1.7 C
New York
Sunday, February 25, 2024

Jaga Keamanan Pemilu, Hassanudin Singgung Kerjasama Tim

Deli Serdang, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin, menekankan pentingnya kerjasama dan keterlibatan semua pihak untuk menjaga kelancaran, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat khususnya selama Pemilu. Hal itu disampaikan saat apel gelar pasukan dalam rangka persiapan menghadapi Pemilu 2024, di Lapangan Astaka Pancing, Deli Serdang, Kamis (7/12/23).

“Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi bangsa Indonesia dan titik penentu masa depan kita,” ujar Hassanudin.

Ia menyoroti tanggung jawab bersama dari unsur Satpol PP, satuan perlindungan masyarakat, petugas pemadam kebakaran, dan BPBD. Semua pihak diminta untuk berkomitmen menjaga ketertiban selama kampanye, mengawasi alat peraga kampanye yang melanggar aturan, dan menjaga keamanan pasca pemungutan suara.

Baca juga: Pj Gubernur Sumut dan Forkopimda Komitmen Awasi Kondusifitas Pemilu

Pihak BPBD juga diingatkan soal peran kuncinya dalam menghadapi situasi darurat yang mungkin terjadi selama proses Pemilu dan Pilkada serentak. Satuan perlindungan masyarakat diharapkan senantiasa bersiaga dan memastikan partisipasi warga dalam pemilu berlangsung dengan aman, jujur, dan adil.

“Saat ini telah terbentuk satuan perlindungan masyarakat sejumlah 63.433 orang di 523 desa di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Utara,” katanya sembari menyoroti pentingnya perubahan mindset dalam menghadapi kemajuan teknologi, terutama dalam penyelenggaraan Pemilu.

Baca juga: Terima Kunjungan Komisi II DPR RI, Pj Gubernur Sumut Pastikan Kesiapan Pemilu 2024

Ia juga memberikan apresiasi kepada Satpol PP, pemadam kebakaran, dan BPBD sebagai kesatuan yang tidak terpisahkan dalam menciptakan kondisi yang tentram, tertib, aman, dan bebas dari korupsi di seluruh wilayah Sumut.

Pj Gubernur berharap agar para bupati dan walikota dapat menempatkan pejabat yang profesional, didukung dengan anggaran yang optimal. Apel pasukan seperti ini akan dilaksanakan secara periodik untuk memastikan sinergitas dan kolaborasi dalam menjaga ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat di Sumatera Utara.

“Saya sungguh punya keyakinan dengan tekad dan semangat yang kita miliki, kita akan senantiasa bisa menemukan amanah untuk menjaga ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat di wilayah Provinsi Sumatera Utara,” pungkas Hassanudin. (Hutajulu/hm17)

Related Articles

Latest Articles