9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Hasil INDEF Usai Debat Cawapres, Gibran Dapat Pujian

Jakarta, MISTAR.ID

Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres),di Jakarta Convention Center Jumat (22/12/23), Gibran Rakabuming Raka mendapat pujian dari berbagai kalangan. Padahal sebelumnya, tidak sedikit yang meragukan kemampuannya.

Pujian ini diperoleh sesuai hasil riset Continuum Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), yang mana diperlihatkan sentimen di media sosial terhadap penampilan Gibran dan dua cawapres lainnya, Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD dalam debat.

Berdasarkan hasil riset tersebut, sentimen positif yang diraih Gibran tercatat sebesar 77,69 persen dalam percakapan di platform media sosial X (Twitter).

Hasil itu didapat melalui tren perbincangan di X selama periode waktu debat pada pukul 19.00-21.50 WIB. Perbincangan diambil dari 22.424 pembicaraan yang dilakukan 17.125 pemilik akun X.

Sementara posisi kedua, dialamatkan kepada Mahfud MD dengan meraih sentimen positif sebesar 64,03 persen. Sedangkan untuk Muhaimin Iskandar hanya mencatat sekitar 4,27 persen penilaian positif netizen.

“Rendahnya sentimen positif Cak Imin disebabkan karena netizen menilai performanya selama debat kurang, dan bisa jadi menurunkan elektabilitasnya dengan Anies,” jelas Continuum INDEF, Sabtu (23/12/23).

Riset tersebut turut merinci berbagai impresi yang telah diberikan netizen atas penampilan Gibran.

Baca juga: Gibran Bantah Tiru Gaya Debat Ayahnya

Menurut Continuum,  mayoritas netizen menilai penampilan dan cara Gibran memparkan visi misi dan menjawab pertanyaan sangat dominan dan menguasai panggung.

Sebanyak 70,7 persen menilai Gibran berpenampilan keren dan dominan di panggung. Sebesar 16,3 persen menganggap Gibran menguasai materi debat dengan baik.

“Selain itu, netizen juga memperbincangkan Gibran yang awalnya dikira akan kesusahan. Tapi ternyata, penampilannya sangat bagus dan menguasai materi,” rangkum Continuum.

Selain itu, Gibran juga menjadi sosok cawapres yang paling disorot di berbagai platform lain seperti YouTube. Nama Gibran disorot dengan jumlah komenter 30 ribu lebih.

Berdasarkan data dari Word Cloud, penampilan Gibran juga disebut sebagai sosok ‘cawapres keren’.

“Gibran juga disebut sebagai cawapres yang kren dan cerdas,” tulis Continuum. (cnn/hm17)

Related Articles

Latest Articles