17.8 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Pasca Longsor, Jalinsum di Taput Sudah Bisa Digunakan

Tapanuli Utara, MISTAR.ID

Akibat tanah longsor yang terjadi, Sabtu (23/12/23) sekira pukul 10.00 WIB, jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di Dusun Aek Sitapean, Desa Lontung Dolok, Kecamatan Pahae Julu, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), putus total.

Kapolsek Pahae Julu Iptu Krisman Saragih membenarkan peristiwa tersebut. Krisman menjelaskan, Sejak terjadi longsor, personel langsung bergerak ke TKP untuk melakukan pembersihan, serta memberikan pertolongan terhadap korban.

“Ada dua unit mobil yang sedang melintas menuju Kabupaten Tapanuli Selatan tertimbun tanah longsor dan mendorong ke beram jalan. Pertama kita selamatkan dulu korban. Beruntung pengemudi kedua mobil dan penumpangnya selamat dan tidak ada luka,” kata Krisman, Sabtu (23/12/23) sore.

Baca juga: Jalan Provinsi di Taput Tertimbun Longsor, Lalu Lintas Lumpuh

Dilanjutkannya, pihaknya meminta tambahan personel dari Polres. Kemudian, ada dua alat berat yang sudah berada di lokasi.

“Sekitar dua jam setelah dilakukan pembersihan, jalan sudah bisa digunakan, meski masih menggunakan sistem buka tutup. Panjang jalan yang tertutup tanah dan kayu tumbang diperkirakan sekitar 50 meter,” jelasnya.

Krisman mengatakan, penyebab tanah longsor yang terjadi diyakini akibat curah hujan yang sangat tinggi.

“Hujannya mulai malam hingga pagi hari,” tutupnya. (Fernando/hm20)

Related Articles

Latest Articles