5.8 C
New York
Friday, April 26, 2024

Petani Simalungun Apresiasi Anggaran Pupuk Subsidi Bertambah

Simalungun, MISTAR.ID

Para petani di daerah terkhususnya di Kabupaten Simalungun merasa bahagia, usai mendengar angin segar dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui tambahan anggaran pupuk subsidi sebesar Rp 14 triliun untuk menyediakan 2,5 juta ton pupuk.

Kabar baik itu diumumkan oleh Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, dengan harapan mencapai target penyaluran total 7,8 juta ton pupuk bersubsidi pada tahun 2024.

Penambahan anggaran itu dilakukan pemerintah untuk memastikan ketersediaan pupuk yang cukup mendukung produktivitas pertanian hingga penyaluran tepat sasaran.

Baca juga:Petani di Deli Serdang Keluhkan Pembatasan Pupuk Subsidi, Harus Beli Non Subsidi dengan Biaya Lebih Besar

Erika Tampubolon selaku Sekretaris Kelompok Tani Berhasil Nagori Bahal Gajah, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, menyambut baik apa yang direncanakan oleh pemerintah tersebut. “Kita berharap agar sesegera mungkin disalurkan,” ujar Erika, pada Selasa (6/2/24).

Diharapkan Erika lagi, agar nantinya disalurkan tepat sasaran, tanpa adanya penyalahgunaan. “Petani kan miskin semua, jadi kalau ada penambahan pupuk subsidi dari pemerintah ya senang lah,” katanya lagi.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Simalungun, Mudianto mengatakan, terkait adanya penambahan itu masih akan dibahas lagi.

“Belum ada penambahan alokasi pupuk subsidi se-Indonesia dan bukan hanya di Kabupaten Simalungun saja,” pungkasnya. (hamzah/hm16)

Related Articles

Latest Articles