19.2 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Wihara Berumur 154 Tahun Terbakar di Jakarta

Jakarta, MISTAR.ID

Diduga diakibatkan korsleting atau hubungan arus pendek, Wihara Darma Tedja yang berdiri sekitar tahun 1869 di Jalan Angke Indah Nomor 23A, RT 01/RW 01, Angke, Tambora, Jakarta Barat, terbakar pada Senin (19/6/23).

Pihak Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat mengerahkan 36 orang personel pemadam dan 8 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) untuk mengatasi kebakaran di lahan seluas 200 meter persegi itu.

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas (Gulkarmat) Jakarta Barat, Syarifudin mengatakan, pihaknya menerima informasi kebakaran dari salah seorang warga yang datang langsung ke Pos Angke.

Baca juga: Rumah Kosong di Kelurahan Naga Pita Siantar Terbakar

“Diperkirakan kerugian sebesar Rp 300 juta. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu,” kata Syarifudin

Wihara Dharma Tedja disebut juga Klenteng Angke atau Hong Xi Miao sudah berusia 154 tahun dan merupakan salah satu yang tertua di Jakarta Barat.

Wihara ini merupakan tempat sembahyang milik pribadi orang Suku Hokkian. Hokkian merupakan suku dari Fujian yang letaknya di daerah tenggara selatan China.

Baca juga: Rumah Hangus Terbakar di Sumbul Dairi, Pemiliknya Pingsan

Diketahui Suku Hokkian banyak berimigrasi ke sejumlah negara, khususnya di Asia Tenggara. Hokkian juga termasuk salah satu suku Tionghoa yang paling banyak di Indonesia. (antara/cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles