13.7 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Tinjau Pembangunan IKN, Presiden Jokowi: Berjalan Sesuai Dengan Rencana

Kalimantan Timur, MISDTAR.ID

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pembangunan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Baru Nusantara masih berjalan sesuai dengan rencana yang ditetapkan pemerintah.

Jokowi menegaskan, tidak ada permasalahan terkait anggaran pembangunan beberapa infrastruktur dasar di kawasan ibu kota baru.

“Khusus istana, (gedung) kementerian, untuk infrastruktur dasar tidak ada masalah,” jelasnya saat melakukan kunjungan kerja ke IKN, Jumat (22/9/23).

Baca juga:Hari Kedua Kunker di IKN, Berikut Sejumlah Agenda Jokowi

Presiden Jokowi menegaskan, pemerintah akan terus mendorong pembangunan sejumlah infrastruktur milik swasta dan dunia usaha. Di antaranya pembangunan rumah sakit, universitas, mall, dan restoran.

“Semuanya akan kita dorong agar muncul kerumunan yang tentunya akan meramaikan Kota Nusantara,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden melakukan penanaman pohon ara menangis (Ficus Benjamina) di kawasan Istana Kepresidenan. Hal ini bagi Jokowi merupakan symbol keagungan.

Baca juga: Kementerian PUPR Menyiapkan Ratusan Tenaga Kerja Samarinda untuk IKN

Ia berharap tanaman lain bisa segera ditanam setelah hujan turun di kawasan ibu kota baru, seperti rumput di lapangan untuk upacara HUT Kemerdekaan, tanaman endemik Kalimantan, dan bunga yang dirancang khusus untuk Istana Kepresidenan Nusantara.

“Semuanya akan hijau, dan khusus istana, warna bunganya merah putih (warna bendera negara Indonesia),” tandasnya.

Presiden mengatakan, luas Istana Kepresidenan di Nusantara dua kali luas Istana di Jakarta. Lapangan ada justru mampu menampung hingga delapan ribu orang pada acara upacara peringatan HUT Kemerdekaan 2024.(antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles