20.6 C
New York
Thursday, May 23, 2024

Tanggapi Perang Israel Ke Palestina, Menlu RI Temui Organisasi Kerjasama Islam

Medan, MISTAR.ID

Wakil Presiden Republik Indonesia menyebutkan bahwa saat ini Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, tengah melakukan pertemuan penting bersama Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia berupaya keras untuk menyuarakan keprihatinan atas situasi konflik yang terus berlanjut antara Israel dan Palestina.

“Menteri Luar Negeri sedang berada di OKI melakukan pertemuan,” ujar Ma’ruf Amin pada Kamis (19/10/23) saat kunjungan kerja ke Kota Medan.

Baca juga:Waspadai Dampak Perang Palestina-Israel, Kementerian ESDM Minta Pembatasan BBM

Ia menyampaikan, Indonesia sebagai negara dengan komitmen kuat terhadap perdamaian dan keadilan internasional, mengupayakan upaya diplomasi dan tindakan dalam menghentikan eskalasi kekerasan ini.

Wapres menekankan bahwa upaya tersebut harus dilakukan melalui berbagai forum internasional, termasuk PBB dan forum-forum lainnya.

Ma’ruf Amin juga mengungkapkan keprihatinannya atas tingginya jumlah korban dalam konflik tersebut bahkan masih terus meningkat.

Baca juga:Terkait Perang Israel-Hamas, DK PBB Tolak Resolusi Rusia

“Melalui OKI, PBB dan forum-forum lainnya, pemerintah indonesia menyuarakan keprihatinan. Sudah banyak korban ribuan,” tambahnya.

Dia menyebut situasi tersebut sudah masuk dalam kategori pembunuhan massal yang sangat mengkhawatirkan.

Selain upaya diplomasi, Indonesia juga telah memberikan bantuan kemanusiaan kepada Palestina. Tujuan utama dari upaya-upaya ini adalah untuk mencegah konflik berkepanjangan yang hanya akan memperburuk situasi di kawasan tersebut.

Baca juga:Prajurit TNI Gagalkan Perang Israel Vs Lebanon

“Ini sudah masuk kedalam kategori pembunuhan massal,” katanya.

Wakil Presiden terus mendesak Menteri Luar Negeri untuk menyuarakan perhatian dan keprihatinan Indonesia dalam berbagai forum internasional, sehingga bisa memberikan dukungan bagi perdamaian dan penyelesaian konflik yang berkelanjutan. (khairul/hm17)

Related Articles

Latest Articles