23 C
New York
Monday, June 10, 2024

Dilepas Wali Kota Waris Tholib, Pawai Lilin Tri Suci Waisak Meriah di Tanjung Balai

Tanjung Balai, MISTAR.ID

Ratusan umat Buddha mengikuti Pawai Lilin yang diselenggarakan oleh Keluarga Besar Vihara Tri Ratna pada Rabu (22/5/24). Suasana khidmat dan penuh warna menyelimuti Kota Tanjung Balai dalam perayaan Tri Suci Waisak 2568 tahun ini.

Pawai Lilin ini dilepas langsung oleh Wali Kota Tanjung Balai, Waris Tholib di depan rumah dinasnya. Pawai Lilin dimulai sekitar pukul 19.00 WIB dan diikuti oleh ratusan umat Buddha dari berbagai Vihara di Tanjung Balai.

Mereka berjalan dengan membawa lilin yang dinyalakan, mengantarkan Rupang Buddha Gautama yang diarak di atas kereta hias.

Baca juga : Peringati Hari Raya Waisak, Ribuan Umat Buddha Padati Wihara Sakyamuni

Sepanjang perjalanan, pawai disambut antusias oleh masyarakat yang memadati jalanan. Suasana semakin meriah dengan alunan musik Buddhis dan pertunjukan budaya yang ditampilkan di beberapa titik.

Wali Kota Tanjung Balai, Waris Tholib menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Pawai Lilin Tri Suci Waisak yang meriah dan penuh makna.

“Berharap kegiatan ini dapat terus dilestarikan sebagai bagian dari kekayaan budaya dan tradisi di Kota Tanjung Balai,” kata Waris Thalib.

Baca juga : 8 Warga Binaan Lapas Tanjung Balai Dapat Remisi Khusus Waisak

Pawai Lilin ini merupakan tradisi tahunan umat Buddha dalam memperingati Tri Suci Waisak, yaitu kelahiran, pencerahan, dan wafatnya Buddha Gautama.

Selain sebagai bentuk perayaan keagamaan, pawai ini juga menjadi simbol kedamaian dan persatuan antar umat beragama di Tanjung Balai. (saufi/hm18)

Related Articles

Latest Articles