13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

PT Hutama Karya Akan Beri Diskon Tarif Tol Selama Mudik Lebaran

Jakarta, MISTAR.ID

PT Hutama Karya (Persero) berencana memberikan diskon tarif tol di dua ruas terpanjang Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) selama masa mudik Lebaran 2024.

Wakil Presiden Eksekutif (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo menyatakan, kebijakan diskon tarif tol tersebut diumumkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR.

Hutama Karya akan memberlakukan diskon tarif di dua ruas tol terpanjang di JTTS selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Dua ruas tol tersebut adalah Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189 km dan Tol Indralaya – Prabumulih sepanjang 64,5 km.

Baca juga: KPK Geledah Kantor PT HK Terkait Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan JTTS

“Saat ini kami masih melakukan perhitungan atas rencana penerapan diskon tarif tersebut. Harapannya dapat segera kami umumkan maksimal satu minggu sebelum arus mudik dimulai,” kata Tjahjo di Jakarta, seperti dilansir Tempo.

Menyikapi antusiasme pemudik Lebaran 2024 yang diprediksi meningkat, Hutama Karya telah meluncurkan booklet berjudul Trans Sumatera Ramadhan Guide Book 2024, Kamis (28/3/24), yang dapat diunduh melalui situs resmi Hutama Karya.

Booklet ini dilengkapi dengan informasi penting seperti peta JTTS, fasilitas, lokasi rest area, info call center, tips berkendara, serta informasi wisata, kuliner, dan tarif tol Trans Sumatera.

Tjahjo Purnomo menjelaskan bahwa panduan digital ini disiapkan untuk memudahkan pemudik yang akan melintasi Tol Trans Sumatera selama masa mudik dan balik Lebaran 2024.

Informasi mengenai tarif tol menjadi hal penting, dan Hutama Karya menghimbau pemudik untuk mempelajarinya sebelum berangkat agar dapat menghindari ketidakcukupan saldo yang bisa menyebabkan antrian di gerbang tol.

Baca juga: Terima Penghargaan KPK, Hassanudin Paparkan Capaian Area Intervensi MCP Tahun 2023

Total tarif JTTS yang perlu diperhatikan oleh pemudik adalah dari Bakauheni ke Palembang sebesar Rp410.000 untuk kendaraan golongan 1, seperti mobil sedan, jip, pikap, atau bus kecil.

Tarif tersebut mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya karena penyesuaian tarif Tol Bakauheni – Terbanggi Besar sejak 25 Mei 2023, sebelum kemudian dikelola oleh PT Bakauheni Terbanggi Besar Tol.

Di sisi utara, tarif untuk golongan 1 dari Bandara Kualanamu menuju Tanjung Pura adalah Rp105.500. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles