9.9 C
New York
Thursday, October 10, 2024

Pesawat Boeing Kepresidenan Mendarat Mulus di Bandara Nusantara

Jakarta, MISTAR.ID

Pesawat Boeing Kepresidenan mendarat mulus di Bandara Nusantara, Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis (10/10/24).

Uji coba pendaratan yang berjalan lancar itu disampaikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana.

“Alhamdulillah. Hari ini pesawat Boeing Kepresidenan telah mendarat mulus di Bandara IKN dalam rangka test landing,” tutur Yusuf dilansir kompas.

Setelah uji coba lancar, kata Yusuf, Presiden Jokowi akan kembali mendarat di Bandara Nusantara, pada Jumat (11/10/24). Jokowi berkunjung ke IKN dalam rangka meresmikan Istana Negara dan Istana Garuda.

“Rencananya besok Bapak Presiden akan melakukan kunjungan kerja ke IKN dengan pesawat Boeing Kepresidenan dan akan mendarat di Bandara IKN,” kata Yusuf.

Baca juga: Besok, Pendaratan Pesawat Jumbo Diuji Coba di Bandara IKN

Sebelumnya, Jokowi juga telah melakukan pendaratan perdana di Bandara IKN dengan Pesawat Kepresidenan RJ-85, pada tanggal 24 September 2024.

Sementara uji coba pendaratan, pada Kamis (10/10/24, menggunakan pesawat dengan ukuran yang lebih besar seiring dengan penebalan pada area landasan pacu atau runway Bandara Nusantara.

“Insya Allah pengerjaan bagian runway ini akan selesai di tanggal 10 (Oktober) pagi dan sorenya akan dilakukan uji coba pendaratan,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau progres pembangunan Bandara Nusantara, pada Minggu (6/10/24).

Sekadar informasi, pembangunan Bandara Nusantara di IKN ditargetkan selesai pada 31 Desember 2024, dengan runway sepanjang 3000 meter dan luas bangunan terminal 7.350 meter persegi. Dan Bandara Nusantara ke depan akan dapat melayani pendaratan pesawat hingga jenis terbesar B-777 300 ER dan A380. (kpc/hm27)

Related Articles

Latest Articles