9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Pasca Kebakaran, Museum Nasional Ditutup Sementara

Jakarta, MISTAR.ID

Pasca insiden kebakaran di Museum Nasional Indonesia di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat yang menghanguskan salah satu gedung Museum dan bedeng pekerja kini ditutup sementara, Minggu (17/9/23).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan belum dapat memastikan sampai kapan penutupan dilakukan.

“Kami akan melakukan penutupan sementara. Belum diketahui sampai kapan. Pihak pengelola sendiri yang akan mengatakan sudah bisa dibuka lagi untuk umum, maka baru akan dibuka,” imbuhnya.

Komarudin menambahkan, tidak ada korban jiwa atas insiden ini. Secara kronologi, kebakaran terjadi, Sabtu (16/9/23), sekitar pukul 20.00 WIB dan diduga disebabkan karena korsleting listrik dari area proyek renovasi.

Baca juga: Tujuh Korban Sesak Nafas Kebakaran RM Ayam Pecak Maha Asik Siantar

Sebab, Museum Nasional saat ini tengah mengalami proses renovasi pada Gedung C. Museum Nasional sendiri memiliki tiga gedung di dalam kompleks ini, yaitu Gedung A, Gedung B, dan Gedung C.

Lanjutnya, petugas pemadam kebakaran masih berjaga-jaga di lokasi karena proses pendinginan masih berlangsung. Saat ini, belum dapat diestimasi sejauh mana kerugian dan kerusakan pada koleksi barang.

“Kami belum dapat memberikan informasi lebih lanjut karena situasi masih dalam tahap pendinginan. Setelah dinyatakan aman, maka ahli akan memeriksa koleksi tersebut,” ujar Komarudin.

Sedangkan pihak Museum Nasional Indonesia menyatakan bahwa saat ini fokus utama mereka adalah melindungi artefak berharga dan benda-benda bersejarah yang terdapat di dalam museum.

Baca juga: Polres Tebing Tinggi Bantu Korban Kebakaran di Pajak Mini

“Dalam situasi ini, prioritas utama kami adalah menjaga keamanan artefak berharga dan benda-benda bersejarah yang ada di dalam museum,” tulis Museum Nasional di akun Instagram resmi mereka, Sabtu (16/9/23).

Selain itu, Museum Nasional juga berencana untuk membentuk sebuah tim investigasi guna mengidentifikasi penyebab pasti kebakaran yang terjadi pada malam Sabtu tersebut.

“Setelah api berhasil dipadamkan, kami akan segera membentuk tim investigasi internal untuk mengungkap penyebab pasti kebakaran ini dan juga melakukan pencatatan terhadap koleksi yang terpengaruh serta yang sudah berhasil diamankan,” tambah pihak Museum Nasional.

Baca juga: Kurang Kesadaran Masyarakat Pemicu Sering Kebakaran Hutan dan Lahan di Danau Toba

Mereka juga menekankan bahwa akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa investigasi tersebut akan berjalan dengan transparan. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles