17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Kapolda Papua Kirim Personel Tambahan untuk Perkuat Keamanan di Intan Jaya

Papua, MISTAR.ID

Buntut aksi penyerangan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dalam beberapa waktu terakhir, Polda Papua bakal mengirimkan sejumlah personel tambahan ke Polres Intan Jaya

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan, penambahan personel dilakukan untuk memperkuat pengamanan bagi masyarakat setempat. Meski begitu, ia tidak merinci berapa jumlah personel yang akan dikirim ke Polres Intan Jaya.

“Akan kita perkuat dari pihak keamanan termasuk dalam waktu dekat dari Tim Satgas Damai Cartenz 2024,” ujarnya, Rabu (24/1/24).

Fakhiri berharap dengan tambahan personel, proses penyelidikan yang saat ini tengah dilakukan oleh Satgas Damai Cartenz juga dapat berjalan lancar. Ia juga mengaku telah memerintahkan Kapolres Intan Jaya AKBP Afrizal Asri untuk memeriksa seluruh saksi terkait kasus penyerangan KKB yang menewaskan anggota Satgas Damai Cartenz.

“Saya minta untuk membantu Polres dahulu supaya proses penyelidikan dan penyidikan berjalan sebagaimana kita diharapkan. Supaya fakta-fakta hukum yang nanti kita sampaikan kepada publik tidak simpang siur, berita yang tidak berdasar sesuai fakta-fakta dari penyelidikan kepolisian,” katanya.

Baca Juga : Usai Kerusuhan dan Penjarahan, Papua Nugini Kembali ‘Normal’

Mathius berharap situasi di Intan Jaya dapat segera berangsur kondusif. Pasalnya, dalam beberapa hari ke depan akan mulai dilakukan proses pendistribusian logistik Pemilu.

Diketahui, beberapa hari terakhir situasi di Intan Jaya memang tak kondusif. Pada Jumat (19/1/24), satu anggota Satgas Damai Cartenz meninggal dunia usai ditembak oleh KKB di Intan Jaya, Papua. Aksi penembakan diduga dilakukan oleh KKB pimpinan Apen Kobogau yang merupakan Wakil Pangkodap VIII. (mtr/hm24)

Related Articles

Latest Articles