23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Fenomena Angin Kencang dan Bahayanya, Begini Penjelasan BMKG

Cilacap, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat Jawa Tengah (Jateng) bagian selatan agar mewaspadai angin kencang yang berpotensi terjadi hingga beberapa hari ke depan serta bahayanya.

“Potensi terjadinya angin kencang ini turut dipicu oleh adanya bibit siklon tropis 91S di selatan Pulau Jawa,” kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo di Cilacap, Selasa (12/3/24).

Menurutnya, bibit siklon tropis 91S tersebut berada di Samudra Hindia sebelah barat daya Banten bergerak ke arah tenggara atau selatan Pulau Jawa.

Baca juga : BMKG : Waspada Perubahan Cuaca Tiba-tiba, Guntur dan Angin Kencang

Ia mengatakan berdasarkan pantauan hingga pukul 10.15 WIB, kecepatan maksimum angin di wilayah perkotaan Cilacap yang tercatat oleh Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung mencapai 18 knot, sedangkan di Pos Meteorologi Bandara Tunggul Wulung Cilacap sebesar 17 knot.

“Selain angin kencang, warga juga perlu waspada terhadap potensi terjadinya hujan lebat yang dipicu oleh beberapa faktor, salah satunya bibit siklon tropis 91S tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, faktor lain yang berpotensi memicu terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang kadang disertai petir dan angin kencang berupa aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) pada fase 3 (Indian Ocean), sehingga menunjukkan kondisi yang signifikan terhadap peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia.

Related Articles

Latest Articles