15.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

458 Orang Jemaah Indonesia Wafat di Tanah Suci

Jakarta, MISTAR.ID

Sebanyak 458 orang calon haji (calhaj) asal Indonesia telah wafat di Tanah Suci sesuai catatan dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Keterangan dari Koordinator MCH PPIH Pusat, Dodo Murtado melalui konferensi pers, pada Sabtu (8/7/23), jumlah jemaah yang wafat hingga 7 Juli 2003 sekitar pukul 24.00 WIB sebanyak 458 orang.

“Suhu di Makkah berkisar antara 31-42 derajat celcius. Dihimbau jemaah haji tetap membawa air minum agar menghindari terjadi dehidrasi (kekurangan cairan),” sebutnya.

Baca juga: Calon Haji Asal Sumut Meninggal Dunia Bertambah Jadi 12 Orang

Dodo menyampaikan, kondisi cuaca cukup panah di Makkah, membuat pemerintah menghimbau jemaah beribadah dan salat fardu di masjid di hotel atau di sekitar penginapan mereka.

“Untuk jemaah yang akan pulang ke Indonesia agar dapat bersiap sebaik mungkin. Seperti menjaga kesehatan dengan makan teratur, asupan nutrisi dan istirahat yang cukup,” jelasnya.

Pihaknya mendoakan agar para tamu Allah senantiasa diberikan kekuatan kesehatan dan kelancaran dalam ibadahnya hingga kepala kembali ke Tanah Air dan meraih haji mabrur.

Baca juga: Data Haji 2023: 209.782 Jemaah dengan 558 Kloter Tiba di Tanah Suci

Diketahui jumlah haji khusus yang telah tiba di Madinah dari Makkah hari ini sebanyak 3.121 orang. (medcom/hm16)

Related Articles

Latest Articles