11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Pemulangan Jemaah Haji Asal Sumut Selesai, 4 Orang Masih Dirawat di Tanah Suci

Medan, MISTAR.ID

Pemulangan jemaah haji asal Sumatera Utara (Sumut) telah selesai pada Sabtu (29/7/23). Tercatat ada sebanyak 8.163 total jemaah asal Sumut yang berangkat melaksanakan ibadah haji 2023.

Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Debarkasi Medan, Ahmad Qosbi menyatakan masih ada 4 jemaah yang tinggal di Arab Saudi karena sakit. Keempatnya masih dirawat secara intensif.

“Sehingga total jemaah yang kembali ke Tanah Air sebanyak 8.120 orang. Lalu tercatat ada sebanyak 40 jemaah haji yang wafat di Tanah Suci,” kata Ahmad Qosbi, Minggu (30/7/23).

Keempat jamaah yang masih dirawat intensif di Tanah Suci adalah Ishak Kamsah Marjaya asal Medan kloter 15 manifes 310, Jahrima Mangaraja Suman Harahap asal kabupaten Padang Lawas Utara, Fakih Harun dari kloter 17 manifes 294 asal Padang Lawas, dan Chorid Ulung Tholib asal Batubara dari kloter 13 dengan manifes 195.

Baca juga: 2.487 Sisa Jemaah Haji Sumut Menunggu Kepulangan ke Tanah Air

“PPIH Debarkasi Medan tetap berkomitmen untuk tetap melayani para jamaah yang masih mendapatkan perawatan di Arab Saudi. Hingga nanti jemaah ini tiba di Indonesia, tetap kami layani untuk memberikan kepuasan terhadap tamu Allah,” sebutnya.

Sebelumnya pada pemulangan kloter 24 ini tercatat berasal dari Labuhan Batu, Simalungun, Batubara, Binjai, Tapsel, Padang Sidempuan. Tercatat ada 17 jemaah yang masuk dalam kloter terakhir.

Ahmad Qosbi bersyukur pemulangan jemaah haji telah selesai semuanya. Ia berharap seluruh amalan jemaah dapat diterima dan meraih gelar haji/hajjah yang mabrur.

Baca juga: Ada Fenomena, Umumnya Jemaah Haji Lansia Berkeinginan Wafat di Tanah Suci

“Pelihara haji ini hingga akhir hayat agar ganjarannya surga. Jemaah yang menunaikan ibadah haji tahun ini, baru bisa mendaftar 10 tahun lagi. Daftar tahun 2033, mungkin masa tunggunya sudah 40 tahun. Untuk itu dijaga dan dipelihara haji ini,” pungkasnya. (Anita/hm20)

Related Articles

Latest Articles