12.8 C
New York
Sunday, September 8, 2024

256 Pati Dirotasi Isi Jabatan di Mabes, TNI AD dan BIN

Jakarta, MISTAR.ID

Mutasi, rotasi dan promosi dilakukan Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto terhadap 256 orang perwira tinggi (pati) yang mengisi berbagai posisi strategis di lingkungan Mabes TNI, Angkatan Darat (AD), dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 sebagaimana dibenarkan oleh Pusat Penerangan (Puspen) TNI, pada Sabtu (27/7/24), sejumlah pati yang kena rotasi adalah Letjen TNI Richard TH Tampubolon awalnya menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah (Pangkogabwilhan) III menjadi Kepala Staf Umum (Kasum) TNI.

Richard menggantikan Letjen TNI Bambang Ismawan yang kini sebagai Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad) dalam rangka purna bakti.

Baca juga:Resmi Dilantik Panglima TNI, Berikut Karir Militer Agus Subiyanto 

Sementara Pangkogabwilhan III digantikan Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, yang menerima promosi dari jabatan sebelumnya menjadi Pangdam IX/Udayana.

Di Mabes TNI, posisi Inspektur Jenderal (Irjen) TNI sekarang diisi oleh Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, yang sebelumnya menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad). Pejabat lama Irjen TNI Laksamana Madya TNI Dadi Hartanto sekarang sebagai pati Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) dalam rangka pensiun.

Posisi Pangkostrad kini ditempati Mayjen TNI Mohamad Hasan, yang mendapatkan promosi jabatan dari posisi menjadi Pangdam Jaya.

Panglima juga memutasi Mayjen TNI Nugraha Gumilar, yang sebelumnya sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, kini sebagai dosen tetap Universitas Pertahanan (Unhan).

Baca juga:Mutasi Kedua Panglima TNI, 183 Pati Rotasi Jabatan

Kapuspen TNI ditempati Brigjen TNI Hariyanto, yang mendapatkan promosi dari jabatan sebelumnya sebagai Kepala Staf Kodam XVII/Cenderawasih.

Dalam SK mutasi yang sama, Panglima juga menunjuk Mayjen TNI Rafael Granada Baay menjadi Pangdam Jaya. Granada Baay, yang pernah menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres), sebelumnya merupakan Pangdam V/Brawijaya.

Pangdam V/Brawijaya diisi oleh Mayjen TNI Mayjen TNI Rudy Saladin, yang sebelumnya sebagai Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg). Diketahui Panglima belum menetapkan Sesmilpres yang baru pengganti Rudy.

Agus juga merotasi Mayjen TNI Muhammad Zamroni dari jabatan sebelumnya sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri (Danpussenkav) kini menjadi Pangdam IX/Udayana.

Baca juga:Sepekan Jabat KSAD Dicalonkan Jadi Panglima TNI, Ini Profil Agus Subiyanto

Jabatan Danpussenkav ditempati Mayjen TNI Eko Susetyo, yang sebelumnya merupakan Tenaga Ahli Pengajar Bidang Geostrategi dan Ketahanan Nasional Lemhannas. Eko dan Agus tergabung dalam angkatan yang sama, yaitu lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1991.

Panglima juga merotasi Mayjen TNI Izak Pangemanan, yang awalnya menjabat Pangdam XVII/Cendrawasih menjadi Wakil Komandan Komando Pendidikan dan Latihan TNI AD (Wadan Kodiklatad).

Related Articles

Latest Articles