12.1 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Resmi Dilantik Panglima TNI, Berikut Karir Militer Agus Subiyanto 

Jakarta, MISTAR.ID

Jenderal Agus Subiyanto resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Panglima TNI menjelang pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (22/11/23). Jokowi memimpin pengambilan sumpah dalam pelantikan tersebut.

Sebelumnya Agus menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono yang bakal masuk masa purnabakti pada November ini.

Baca juga:Disetujui DPR, Besok Agus Subiyanto Resmi Dilantik Panglima TNI

Agus dilantik sebagai Panglima TNI sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Keppres Nomor 102/TNI Tahun 2023. Keppres itu juga mengatur pemberhentian dan ucapan terima kasih atas bakti Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI.

Pelantikan diteruskan dengan penanggalan dan penyematan tanda pangkat serta jabatan. Dilanjutkan penyerahan tongkat komando panglima TNI kepada Agus.

Diketahui Agus menjadi Panglima TNI menyongsong Pilpres mendatang. Dirinya cuma dalam tempo kurang dari sebulan untuk lompat dari jenderal bintang 3 hingga sebagai pucuk pimpinan TNI.

Baca juga:Jokowi Ungkap Penyebab Hunjuk Agus Subiyanto Sebagai Kandidat Panglima TNI

Pada 27 Oktober lalu, Agus baru saja dilantik Jokowi menjadi KASAD. Tak sampai seminggu, Presiden ke 7 ini mengusulkan nama Agus sebagai calon tunggal Panglima TNI ke DPR.

Selasa (21/11/23), DPR melangsungkan rapat paripurna untuk menyetujui pelantikan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Agus merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1991 yang memiliki rekam jejak akrab dengan Jokowi. Pria 56 tahun itu pernah menduduki jabatan Komandan Kodim 0735/Surakarta kala Jokowi masih Wali Kota Solo.

Baca juga:Baru Dilantik KSAD, Presiden Ajukan Nama Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI

Dia juga pernah berdinas mengamankan Istana Bogor di masa pemerintahan Jokowi ini. Saat itu, Agus menempati posisi Danrem 061/Suryakencana (Bogor).

Pria kelahiran Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat (Jabar) tersebut juga pernah mengkomandoi Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) pada periode kedua  Jokowi. Ia menjadi Komandan Paspampres pada tahun 2020-2021.

Selesai bertugas di istana, Agus diangkat Pangdam III/Siliwangi pada bulan Agustus 2021. Kemudian dipercaya sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) pada tahun 2022, lalu diangkat menjadi KASAD. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles