19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pangdam I BB Laporkan 147 Rohingya Mendarat di Sumut

Deli Serdang, MISTAR.ID

Sebanyak 147 pengungsi Rohingya mendarat di wilayah Pantai Mercusuar, Desa Karang Gading, Kecamatan Labuhan Deli, kawasan timur Sumatera Utara pada 30 Desember 2023.

Hal itu disampaikan Pangdam I Bukit Barisan, Mayjend Mochammad Hasan Hasibuan dalam laporannya kepada Panglima TNI pada kegiatan Pengamanan Malam Tahun Baru bersama Forkopimda Sumut di Lapangan Benteng, Minggu (31/12/23).

“Semalam (30 Desember 2023) pada pukul 23.00 kami mendapatkan informasi telah mendarat 147 pengungsi Rohingnya yang terdiri dari 53 laki-laki dewasa, 39 perempuan dewasa, 25 anak laki-laki, 30 orang anak perempuan,” kata Mochammad Hasan kepada Panglima TNI melalui video conference.

Baca Juga: Warga Pondok Sayur Siantar Tewas di Tangan 2 Putranya

Hasan mengatakan, pihaknya melakukan pengecekan lokasi pengungsi Rohingnya dan dinyatakan kondusif. “Mereka saat ini ada di suatu teluk yang tidak berhubungan langsung ke masyarakat, harus menggunakan perahu ke tempat mereka,” tuturnya.

Ia menjelaskan, di dalam kapal yang mengangkut para pengungsi Rohingya didapati sejumlah logistik segar yang diduga didukung dari wilayah perairan Sumatera Utara.

Hal lainnya yang disampaikan Hasan yakni Nahkoda Kapal yang mengangkut para pengungsi Rohingya diketahui kabur sebelum mendarat.

Baca Juga: Kapolda Pastikan Stok BBM di Sumut Aman Selama Masa Tahun Baru

“Kemudian Nahkoda yang memimpin kapal ini sempat meninggalkan kapal, pindah ke kapal yang lain,” tuturnya.

Kemudian hal menonjol lainnya disebutkan Hasan yakni ditemukannya identitas yang sama pada para pengungsi Rohingya.

“Kartu UNHCR yang ditemukan, itu semua, identitas tanggal lahirnya semua sama. Mereka mengaku berangkat dari kamp Rohingya di Bangladesh 22 hari yang lalu,” pungkasnya. (Iqbal/hm22)

Related Articles

Latest Articles