20.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

EducationUSA Diresmikan di UMSU, Wadah Bagi yang Ingin Kuliah di AS

Medan, MISTAR.ID

Konsul Amerika Serikat Bernard Uadan membuka secara resmi EducationUSA Center baru di Kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan, Kamis (2/5/24)

Kantor ini akan memberikan layanan konsultasi yang komprehensif dan objektif kepada mahasiswa Indonesia di seluruh Sumatera yang ingin mengejar pendidikan tinggi atau kuliha di Amerika Serikat.

“Kantor baru ini terbuka untuk umum dan semua layanannya tidak dipungut biaya,” kata Konsul Bernard Uadan dalam peresmian yang dihadiri oleh Rektor UMSU, Profesor, Dr.Agussani, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Sumut.

Konsul AS mengakui sangat senang mengumumkan pembukaan EducationUSA Center di Medan pada peringatan 75 tahun hubungan bilateral antara AS dan Indonesia.

Baca juga: PGRI Ingatkan Prabowo Tak Mudah Ubah Kurikulum Pendidikan

“Kehadiran EducationUSA Center ini akan memperluas upaya pemerintah AS menjangkau masyarakat Sumatera, melalui kemitraan dengan UMSU ini kami berharap dapat memfasilitasi para siswa di Medan dan seluruh Sumatera dengan panduan dan informasi untuk mengakses peluang pendidikan berkelas dunia di Amerika Serikat.” tambah Konsul Bernard.

Peresmian kantor ini diikuti oleh sesi informasi tentang EducationUSA di auditorium UMSU, dihadiri oleh sekitar 100 pemangku kepentingan pendidikan di Sumatera Utara.

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Profesor Agussani turut senang dengan adanya EducationUSA tersebut.

“Kami sangat senang dapat menjadi bagian EducationUSA center di Medan. Kemitraan ini sejalan dengan visi dan misi kami dalam memberikan akses pendidikan yang mengacu pada taraf internasional kepada mahasiswa dan pelajar kami guna mempersiapkan mereka untuk bersaing dalam dunia global.” katanya.

Baca juga: Kejari Medan Rangkul UMSU Teken MoA Terkait Pendidikan dan Keterbukaan Informasi Publik

Dengan mengedepankan kesepahaman dan keunggulan akademik, adanya kantor ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara Amerika Serikat dan Indonesia.

EducationUSA menyediakan layanan konseling gratis bagi calon mahasiswa internasional dan menawarkan bimbingan untuk membantu mengatasi lima langkah studi di Amerika Serikat: mencari informasi tentang sekolah, mengidentifikasi peluang
bantuan keuangan, mengisi aplikasi, mendapatkan visa pelajar, dan mempersiapkan keberangkatan.

Terdapat lebih dari 4.700 institusi pendidikan tinggi yang terakreditasi di Amerika Serikat, dan penasihat EducationUSA dapat membantu mahasiswa mempersempit pilihan mereka, menentukan prioritas, dan merencanakan karier kuliah mereka. Di Indonesia, terdapat delapan pusat EducationUSA yang berlokasi di Banda Aceh, Jakarta, Makassar, Malang, Medan, dan Surabaya. (dinda/hm17)

Related Articles

Latest Articles