29.2 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Temukan Masalah, Kelompok Mahasiswa Geruduk Disdik Sumut di Hardiknas 2024

Medan, MISTAR.ID

Sekelompok mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa (HM) Ikatan Keluarga Labuhanbatu (IKLAB) Raya melakukan aksi unjuk rasa di Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Disdik Sumut) Jalan Teuku Cik Ditiro, Kamis (2/5/24) siang.

Ketua Umum HM IKLAB Raya, Irham Sadang Rambe mengatakan aksi tersebut dilakukan tepat pada peringatan (Hardiknas) 2024.

“Pada siang ini kami lakukan demonstrasi tepat di hari pendidikan nasional, karena kami melihat adanya kebobrokan di sini,” ujarnya kepada awak media.

Meski demikian, Irham mengatakan aksi tersebut sudah tiga kali dilaksanakan. Aksi tersebut meminta adanya evaluasi terhadap oknum Disdiksu yang diduga melakukan pungutan liar (pungli).

Baca juga: Peringatan Hardiknas di Labusel, Mendikbudristek: Pandemi Beri Kesempatan Mengakselerasi Perubahan

“Aksi hari ini adalah aksi yang ketiga, sudah tiga kali kami sampaikan aspirasi ini. Kami melihat ada kebobrokan di sini, seperti adanya dugaan pungutan liar dari Sekretaris Dinas Pendidikan Sumut, yang mana hari ini kami minta dia dicopot,” ungkapnya.

Massa aksi juga meminta Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Hassanudin agar mengevaluasi pejabat terkait di Disdik Sumut.

“Kita minta Pj Gubsu mengevaluasi disdik Sumut mencopot dia dari jabatannya karena dinilai bobrok melakukan pungli terhadap beberapa Kepala Sekolah dan penyalahgunaan dana BOS,” tegasnya.

Irham juga mengaku miris melihat masih banyaknya guru honorer di Sumut yang diduga bermasalah terkait honornya.

“Gaji-gaji guru honorer bermilyar yang belum dibayarkan, kita miris melihat guru honorer karena tidak mendapatkan yang seharusnya dia dapatkan, ” pungkasnya. (Iqbal/hm17)

Related Articles

Latest Articles